KTT G20 Bali: Apa Itu, Siapa Saja Anggotanya, dan Adakah Manfaat bagi Indonesia?

- Selasa, 15 November 2022 | 05:17 WIB
Penjelasan G20, siapa saja anggota dan manfaat buat Indonesia (Kemenkeu)
Penjelasan G20, siapa saja anggota dan manfaat buat Indonesia (Kemenkeu)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masih banyak yang bertanya-tanya apa itu G20, negara mana saja yang jadi anggota G20, dan apa manfaat bagi Indonesia, semuanya terdapat dalam artikel ini.

Apa itu G20 dan siapa saja anggota G20? KTT G20 Bali yang diselenggarakan Selasa (15/11/2022), merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Lalu, apakah ada manfaat G20 bagi Indonesia? Tentu saja ada, salah satu contohnya yaitu, sebagai anggota forum, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Jumlah Alokasi Formasi PPPK Tenaga Guru Pemkot Bandung 2022, Perhatikan Syarat Umum dan Khusus

G20 (Group of Twenty)

Indonesia saat ini tengah menggelar hajatan penting, yakni Presidensial G20 yang diselenggarakan mulai 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di bulan November 2022.

Hal ini berarti menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan G20 selama setahun penuh

G20 merupakan representasi lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Halaman:

Editor: Irma Joanita

Sumber: Kemenkeu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X