Destinasi Liburan Akhir Tahun: Menikmati Wisata Alam Bebas di Cianjur, Lokasinya Tidak Jauh dari Jakarta, Loh!

- Sabtu, 12 November 2022 | 17:16 WIB
Liburan Akhir Tahun, Wisata Alam Bebas di Cianjur.  (Pixabay)
Liburan Akhir Tahun, Wisata Alam Bebas di Cianjur. (Pixabay)



LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -– Liburan akhir tahun masih cukup lama namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan destinasi yang akan dituju dari sekarang, misalnya mengunjungi tempat wisata alam bebas.

Bagi warga Jakarta yang setiap harinya selalu melihat gedung-gedung pencakar langit dan kendaraan-kendaraan yang berlalu lalang setiap harinya, mengunjungi tempat wisata alam bebas bisa menjadi opsi yang bagus.

Cianjur adalah salah satu daerah yang cukup dekat dengan Jakarta dan memiliki banyak tempat wisata alam bebas yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun.

Dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, Cianjur adalah daerah yang terhitung dekat.

Meski sedikit lebih jauh dari Bogor dalam hal jarak, Cianjur bisa dibilang tidak kalah jika berbicara tentang wisatanya termasuk tempat-tempat yang mengusung tema alam bebas.

Baca Juga: Link Nonton Tiba Tiba Tenis Raffi Ahmad vs Desta Gratis! Mulai Jam Berapa?

Banyaknya daerah di Cianjur yang masih asri dan terjaga membuat tempat wisata yang mengusung tema alam bertebaran dan hal itu menjadi salah satu keunggulan dari Cianjur.

Dengan lokasi yang banyak didapati perbukitan dan hutan, Cianjur memiliki potensi untuk lebih memperbanyak lagi tempat wisata alam bebasnya. Lantas apa saja tempat yang bisa dituju itu?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa destinasi wisata di cianjur yang bisa dikunjung bersama keluarga atau rekan kerja di liburan akhir tahun:

1. Canopy Trail TNGGP

Dilansir dari Cibodas.id, Canopy Trail yang berlokasi di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi. Meski fungsinya untuk kebutuhan observasi alam demi  mempermudah pengamatan, namun dengan maraknya unggahan mengenai tempat ini, maka kepupolerannya semakin bertambah.

Memiliki panjang 130 meter dan berada di ketinggian 40 meter dari bawah, Canopy Trail Cibodas bisa menahan 5 orang atau 350 kilo beban. Tempat ini dibuka untuk umum dan hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 40.000.

2. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Tidak perlu ke Jepang untuk menikmati suasana berada di tempat yang dikelilingi oleh bunga sakura karena di Cianjur ada tempat yang menyediakan hal tersebut yaitu di wilayah Kebun Raya Cibodas.

Masih berlokasi di lingkungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pepohonan sakura ini ditanam sejak tahun 1971 untuk memperbanyak taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Keunggulan dari taman sakura di Cibodas adalah bunganya bermekaran 2 kali setahun.Berbeda dengan di negara asalnya yang hanya berbunga 1 tahun sekali dikarenakan perbedaan iklim dan kontur tanah.

Tiket masuknya pengunjung berkisar antara Rp15.000 – 25.000, sementara untuk yang membawa kendaraan roda empat menambah Rp35.000 dan roda dua Rp5.000.

Baca Juga: Ivan Gunawan Ajak Ayu Ting Ting Hidup Bersama Tanpa Status: Kayak Orang-Orang Bule Gitu

3. Taman Bunga Nusantara

Berjalan-jalan sambil menikmati aneka ragam bunga bisa menjadi solusi wisata yang seru untuk dicoba.

Taman Bunga Nusantara adalah tempat bermacam-macam bunga ditanam untuk bisa dinikmati sambil menghirup udara segar yang penuh oksigen sebab banyak pepohonan yang mengelilingi.

Berlokasi tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas, tiket masuk taman ini adalah sekitar Rp 50.000. Taman Bunga Nusantara mengusung tema agro wisata yang menjadi perintis bagi wisata serupa di Bandung dan Malang.

4. Situs Megalitik Gunung Padang

Bagaimana jika ternyata Indonesia memiliki piramida yang usianya lebih tua dari piramida-piramida di Mesir?

Dari hasil uji karbon dikatakan bahwa usia situs tersebut sekitar 9.000 – 20.000 tahun yang lalu. Masyarakat sekitar awalnya mengira bahwa itu hanya candi biasa yang berdiri di atas sebuah bukit yang tingginya sekitar 100 meter sampai penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa itu adalah sebuah piramida.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, biaya tiket untuk memasuki lokasi tersebut adalah sekita Rp 5.000 untuk pos, dan Rp 5.000 saat memasuki situs.

Situs Gunung Padang telah mendapat sertifikat sebagai cagar budaya pada 2018 dan berubah nama menjadi Cagar Budaya Nasional Gunung Padang.

Itu tadi beberapa lokasi di Cianjur yang bisa dikunjungi saat berlibur akhir tahun. Berwisata di alam bebas bisa membuat perasaan dan pikiran lebih tenang karena suasana yang disuguhkan masih alami.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi beberapa tempat yang tadi disebutkan? (Fajri Ramdhan Nur Awal)


Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X