Wow! Mendaki Gunung Ternyata Memiliki Manfaat bagi Kesehatan Mental, Loh!

- Selasa, 8 November 2022 | 10:43 WIB
Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Mental. (Pixabay)
Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Mental. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang yang merasa lebih tenang saat mendaki gunung dan berpikir bahwa kesehatan mentalnya lebih terjaga.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab dalam beberapa penelitian soal kesehatan mental menunjukkan bahwa dengan berkegiatan di luar ruangan seperti mendaki gunung, bisa membuat perasaan lebih tenang dan tenteram.

Mendaki gunung bisa menjadi solusi untuk melepas penat dan memulihkan kesehatan mental sebab banyak sekali manfaat yang didapat saat melakukan hal tersebut.

Sebelum membahas mengenai manfaatnya bagi mental, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui sedikit informasi mengenai olahraga yang termasuk ke dalam kegiatan yang berisiko tinggi.

Baca Juga: Alasan Hari Pahlawan Jatuh pada 10 November, Yuk, Belajar Sejarah Lagi!

Aktivitas mendaki gunung adalah kegiatan olahraga luar ruangan yang mengharuskan pelakunya mempersiapkan segalanya dengan maksimal sebab memiliki risiko tinggi, dan oleh karena itu pula tidak semua orang mau melakukan hal tersebut.

Namun, bagi para penyuka tantangan, persiapan maksimal akan sebanding dengan kepuasannya juga, termasuk dalam olahraga yang satu ini. Sebab, tingkat kenyamanan dan keamanan akan lebih baik saat memiliki kesiapan yang baik juga.

Bagi yang belum pernah mencoba tantangan baru semacam ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat yang akan dirasakan ketika mendaki gunung. Dengan demikian, bisa dipertimbangkan kembali untuk mencoba memulainya, dan berikut ini adalah beberapa manfaat mendaki gunung bagi kesehatan mental:

Baca Juga: Apakah Hari Pahlawan 10 November 2022 Termasuk Libur Tanggal Merah?

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Alasan Kipas Angin Berisik dan Cara Mengatasinya

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:02 WIB

Atasi Stres dengan Menjaga Kelembaban Udara Normal

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:19 WIB
X