Unhas Menjadi Kawasan Terbuka Hijau di Kota Makassar, Begini Tanggapan Mahasiswa Pasca Sarjana PLH

- Minggu, 6 November 2022 | 23:10 WIB
[Ilustrasi] Unhas menjadi kawasan terbuka hijau di Kota Makassar. (Unsplash/Akbar Ardiansyah)
[Ilustrasi] Unhas menjadi kawasan terbuka hijau di Kota Makassar. (Unsplash/Akbar Ardiansyah)

MAKASSAR, AYOBANDUNG.COM -- Universitas Hasanuddin atau Unhas merupakan Kampus yang cukup populer di Indonesia, terutama di bagian Timun Nusantara.

Unhas Sebagai lembaga pendidikan sangat aktif dalam melakukan penelitian, pengajaran dan pengabdian terhadap masyarakat.

Salah satunya mengfungsikan sebagian area kampus Unhas menjadi kawasan terbuka hijau di tengah kota Makassar. Hal ini tentu tidak menyimpang dari amanat Tridarma Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Ismail Bolong Buka Suara, Beberkan Kronologi Kejadian hingga Status Dirinya Jadi Anggota Polri

Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada 2017 lalu telah membanun 2,4 hektare ruang terbuka hijau baru di Kota Makassar dan Universitas Hasanuddin termasuk dalam kawasan tersebut.

Fungsi kawasan terbuka hijau memang sangat penting di daerah perkotaan yang padat penduduk dan kendaraan, apalagi Kota Makassar yang dikenal panas dengan suhu rata-rata 33 derajat Celsius.

Dikutip dari academia.edu, peran krusial kawasan terbuka hijau dengan jumlah tumbuhan yang banyak efektif menurunkan kepengapan kota, penetral limbah polusi udara, dan yang terpenting ialah sebagai strategi mitigasi perubahan iklim.

Maka perkiraan penetapan kawasan terbuka hijau di area kampus Unhas merupakan gambaran dari tujuan pendidikan itu sendiri. Bentuk realisaisi ideal dari sebuah ilmu secara praktis bisa bermanfaat secara luas.

Baca Juga: 8 Tips Nonton Konser Musik Agar Selalu Aman dan Nyaman, Pemula Wajib Tahu!

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X