Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Buat Tangkap Sinyal Digital, Bye Siaran Analog!

- Kamis, 3 November 2022 | 12:56 WIB
TV tabung masih bisa digunakan untuk menerima siaran digital (Pixabay)
TV tabung masih bisa digunakan untuk menerima siaran digital (Pixabay)

 

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Siaran analog telah mengudara selama kurang lebih 60 tahun dan resmi dihentikan pada Selasa 2 November 2022 yang kemudian diganti dengan sinyal digital seperti yang dikampanyekan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) belakangan ini.

Tidak sedikit masyarakat yang kebingungan dengan siaran digital sebagai pengganti analog sebab banyak yang masih memakai TV tabung sebagai sarana hiburan untuk menonton acara-acara televisi.

Penghentian siaran analog mengacu pada Undang-undang Cipta Kerja yaitu UU No 11 Tahun 2020 yang isinya membahas bahwa Indonesia harus menghentikan TV Analog paling lambat 2 (dua) tahun.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2023: Jadwal, Formasi, 2 Sistem Baru, Syarat, Dokumen Wajib hingga Cara Daftar SSCASN

"Jadi, Indonesia mengakhiri siaran TV analog paling lambat tanggal 2 November 2022 ini," kata Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, saat ditemui di sela kegiatan 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Selasa 30 Oktober 2022.

Penghentian siaran analog (ASO) menurut Niken, adalah untuk kepentingan masyarakat sehingga mereka mendapatkan siaran yang lebih bagus gambarnya, suara jernih, dan teknologi yang canggih. "Lebih dari itu, ASO adalah untuk efisiensi frekuensi," lanjutnya dilansir dari Suara.com.

Para pemilik TV tabung, sebenarnya tidak perlu khawatir dengan peraturan tersebut sebab ada alat yang bernama Set Top Box (STB) yang bisa menangkap siaran TV digital dari televisi jadul manapun termasuk TV tabung.

Lantas, bagaimana cara pemasangan STB di TV tabung? Berikut akan dijelaskan mengenai hal tersebut serta penjelasan lebih lengkap mengenai kelebihannya.

 Baca Juga: Tangis Pecah Kuat Maruf Ditanya Hubungannya dengan Putri Candrawati, Isu Selingkuh Terungkap?

Pada dasarnya, tujuan peralihan ini adalah agar masyarakat bisa mendapatkan kualitas siaran yang lebih baik dari segi audio dan visual serta memiliki kualitas yang lebih jernih dan bersih.

Selain alasan tersebut, siaran TV digital juga bisa membuat masyarakat menikmati format 16:9 selama perangkat memungkinkan untuk menggunakan resolusi tersebut.

STB berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi suara serta gambar pada perangkat TV analog, yang membuat masyarakat tidak perlu membeli antena parabola untuk menonton siaran televisi, cukup memakai antena UHF seperti biasa.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran CPNS 2023? KemenPAN RB Sampaikan Ini, Syarat Dokumen untuk SMA dan S1 Yuk Siapkan!

Halaman:

Editor: Irma Joanita

Sumber: Kominfo, Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X