Ridwan Kamil Capres Terjujur dan Kompeten Pilihan Netizen

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 17:35 WIB
Ridwan Kamil Capres Terjujur dan Kompeten Pilihan Netizen (Humas Pemda Jabar)
Ridwan Kamil Capres Terjujur dan Kompeten Pilihan Netizen (Humas Pemda Jabar)

LENGKONG, AYOBANDUNG — Ridwan Kamil dinilai netizen sebagai calon presiden (capres) 2024 paling kompeten dan jujur dibanding Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Penilaian ini tergambar dari hasil survei yang dilakukan oleh Semart Politik Club dan Poljokes. Survei ini dilakukan untuk melihat sentimen netizen di sosial media terhadap tokoh-tokoh politik yang digadang-gadang masuk dalam burca capres dalam Pilpres 2024 terhadap 2.838 responden pada September lalu.

Pembina Semart Politik Club yang juga asociate profesor Nanyang Technological University (NTU) Singapura Sulfikar Amir mengatakan survei yang dilakukan oleh lembaga sigi biasanya banyak mengukur elektabilitas dan kesukaan.

Baca Juga: Waduh! Rizky Billar Bantah KDRT, Hasil Visum Lesti Kejora Justru Buktikan Semuanya!

“Kita ukur dua dimensi aspek paling penting bagi seorang politik untuk bisa mengelola pemerintahan. Governing skill keterampilan untuk mengelola pemerintah. Itu ada dua aspek kompetensi dan kejujuran,” katanya dikutip siniar TotalPolitik, Kamis (6/10/2022) malam.

Menurutnya pihaknya dalam survei ini mengukur kualitas dari satu tokoh politik soal kompetensi dan kejujuran. Ada delapan tokoh nasional yang masuk dengan penuh pertimbangan dalam survei tersebut.

“Yang kita masukan dua aspek, pertama soal elektabilitas, kedua dia seorang yang memiliki sumber daya politik yang memungkinkan dia masuk dalam pilpres artinya dia elit parpol,” katanya.

Ke delapan tokoh politik tersebut antara lain Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Ridwan Kamil.

Baca Juga: Jawaban Mahfud MD Soal Penggunaan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan hingga Larangan FIFA

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X