Darwis Triadi: Fotografi Intinya Tentang Cahaya, Workshop Fotografi FAC Tampilkan Pertunjukan NOISE

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 12:41 WIB
Workshop Fotografi FAC.
Workshop Fotografi FAC.

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan peserta tampak antusias mengikuti sesi demi sesi kegiatan Worksop Fotografi yang diselenggarakan Fotografer Amatir Cianjur (FAC) di Palace Hotel Cipanas Cianjur, Kamis (6/10/2022).

Acara yang dimeriahkan oleh penampilan pertunjukan tari kontemporer NOISE itu menghadirkan narasumber utama seorang pakar fotografi terkemuka Darwis Triadi.

Dalam kesempatan itu Darwis menyampaikan beberapa hal mengenai tips dan trik mengenai fotografi bagi pemula dan profesional.

“Ingat fotografi sejatinya adalah tentang cahaya. Untuk menangkap cahaya salah satunya adalah dengan kamera,” kata Darwis mengawali pemaparannya yang menyita antusiasme peserta dan berlangsung lebih dari empat jam itu.

Cahaya, kata Darwis, merupakan suatu hal yang paling penting dalam fotografi. Cahaya dibagi menjadi dua yaitu Natural dan Artifisial. Cahaya Natural adalah cahaya yang berasal dari matahari sedangkan Cahaya Artifisial adalah cahaya yang dibuat.

“Dalam hal fotografi kita harus mampu melihat bagaimana jatuhnya cahaya ke objek. Dalam hal cahaya artifisal terdapat teknik pengambilan cahaya salah satunya yaitu teknik pencahayaan rembrant,” sebut Darwis.

Teknik pencahayaan, jelas Darwis, salah satunya menggunakan satu buah sumber utama cahaya yang diletakan di sebelah kiri atau kanan atau kepala atas objek.

“Teknik ini akan menerangi salah satu sisi wajah model dan menghasilkan efek terang-gelap secara berlawanan. Semakin dekat cahaya ke objek hasil potret yang dihasilkan akan lebih detail,” papar Darwis.

Oleh karena itu, kata dia, lebih baik tidak menggunakan cahaya yang langsung sejajar dengan lensa kamera serta hindari terjadinya cross light.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Artikel Terkait

Terkini

X