Gaji Pensiunan Guru 2022 Naik bagi Berusia 60 Tahun? Segini Besaran Resmi Terbaru

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:53 WIB
Gaji pensiunan guru 2022 naik bagi berusia 60 tahun? Segini besaran resmi terbaru  (pixabay.com/iqbalnuril)
Gaji pensiunan guru 2022 naik bagi berusia 60 tahun? Segini besaran resmi terbaru (pixabay.com/iqbalnuril)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Benarkah gaji pensiunan guru 2022 naik bagi purnabakti yang berusia 60 tahun? Berapa besaran resmi yang terbaru?

Seorang pendidik akan mendapat gaji pensiunan guru 2022 yang dikabarkan mengalami kenaikan apabila ia memenuhi syarat.

Di dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 30 yang berhak mendapat gaji pensiunan guru 2022, yaitu purnabakti yang meninggal dunia atau mencapai batas usia pensiun yakni 60 tahun.

Baca Juga: Ternyata Uang Pensiunan PNS Bukan dari Iuran Bulanan? Ini Kata Dirut Taspen ANS Kosasih!

Adapun syarat yang lain, seperti pensiun atas permintaan sendiri, sakit jasmani dan/atau rohani selama 12 bulan, atau berakhirnya perjanjian kerja antara pengajar dan penyelenggara pendidikan.

Sebaliknya, gaji pensiunan tidak akan diperoleh dan tidak pula naik apabila seorang pendidik diberhentikan dengan tidak hormat karena melanggar sumpah dan janji jabatan, melanggar perjanjian kerja, atau melalaikan kewajiban selama satu bulan atau lebih secara terus menerus.

Apabila seorang guru telah mencapai usia 60 tahun, secara otomatis akan diberhentikan dengan hormat dan mendapat dana pensiun.

Benarkah kenaikan pada tahun ini berlaku bagi pengajar yang berusia 60 tahun? Simak besaran terbaru dana pensiun berdasarkan golongan, termasuk juga pensiun PNS golongan 4A berikut ini.

Baca Juga: THR 2023–Gaji 13 Pensiunan Naik, Gaji PNS, TNI/Polri Apakah Naik Juga?

Halaman:

Editor: Herawati Ningsih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X