Mahfud MD Sebut Aparat Telah Antisipasi Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Tapi Ini Respon Panitia

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:49 WIB
Mahfud MD Sebut Aparat Telah Antisipasi Kericuhan di Stadion Kanjuruhan dengan Koordinasikan Hal Ini ke Pihak Panitia Tapi Tidak Digubris.
Mahfud MD Sebut Aparat Telah Antisipasi Kericuhan di Stadion Kanjuruhan dengan Koordinasikan Hal Ini ke Pihak Panitia Tapi Tidak Digubris.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ikut merespon insiden meninggalnya ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan pasca laga pertandingan Arema vs Persebaya pada pada Sabtu (1/10/2022) malam.

Dalam pernyataannya Mahfud MD menegaskan bahwa tragedi di Stadion Kanjuruhan tersebut bukanlah dikarenakan kericuhan antara suporter Persebaya dan Arema.

Mahfud menjelaskan bahwa dalam insiden tersebut tidak ada penganiayaan. Namun para korban disebut meninggal karena berdesak-desakan hingga mengakibatkan adanya korban jiwa.

Baca Juga: Aparat Pengamanan di Stadion GBLA Gelar Doa Bersama untuk Korban Insiden Kanjuruhan Malang

"Para korban pada umumnya meninggal karena desak-desakan, saling himpit, dan terinjak-injak, serta sesak nafas. Tak ada korban pemukulan atau penganiayaan antar suporter," jelasnya.

Namun, lebih lanjut Mahfud menyatakan bahwa sejak sebelum pertandingan, pihak aparat telah mengantisipasi terjadinya kericuhan dengan beragam cara, seperti koordinasi serta mengajukan usul-usul teknis di lapangan.

Salah satu antisipasi yang telah dilakukan oleh petugas diantaranya adalah dengan mengkoordinasikan agar pertandingan dilaksanakan sore, bukan malam hari serta jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion, yakni 38 ribu orang.

Baca Juga: Tragedi Stadion Kanjuruhan: Menimbulkan Duka Mendalam, Menyusutkan Pengungkit Perekonomian 

"Sebenarnya, sejak sebelum pertandingan pihak aparat sdh mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan. Misal, pertandingan agar dilaksanakan sore (bukan malam), jumlah penonton agar disesuaikan dgn kapasitas stadion yakni 38.000 orang," jelas Mahfud sebagaimana dilansir Ayobandung dari instagram @mohmahfudmd.

Namun, Mahfud mengungkapkan usul-usul tersebut tidak dilaksanakan oleh panitia dan pertandingan tetap dilangsungkan di malam hari.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Guru dan Nakes Diburu Lowongan CPNS 2023, Siap-siap!

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:01 WIB
X