Kumpulkan 10 Ibu Hamil, Ayah Sejuta Anak di Bogor Jual 5 Bayi Lewat Medsos, Perbayi 15 Juta

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:10 WIB
Ilustrasi. Pria asal Bogor yang dikenal sebagai Ayah Sejuta Anak telah berhasil mengumpulkan 10 ibu hamil tanpa suami dan menjual 5 bayi. (Tim Elbait Sukabumi 08)
Ilustrasi. Pria asal Bogor yang dikenal sebagai Ayah Sejuta Anak telah berhasil mengumpulkan 10 ibu hamil tanpa suami dan menjual 5 bayi. (Tim Elbait Sukabumi 08)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- SH, pria Bogor yang kini dikenal Ayah Sejuta Anak itu telah berhasil mengumpulkan 10 ibu hamil tanpa suami. Dari jumlah itu, 5 diantaranya telah dijual SH dengan harga perbayi sebesar 15 juta rupiah.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, aksi jual bayi dengan modus adopsi tersebut telah dilakukan SH sejak Januari 2022.

"Jadi dari hasil pemeriksaan, lima ibu sudah melahirkan dan dipulangkan, sementara lima ibu lainnya masih menunggu persalinan di Balai Rehabilitasi Sosial, Bambu Apus, Jakarta Timur," ujar Ibrahim Tompo, saat dihubungi, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Baca Juga: Kekerasan: Viral di Media Sosial Wanita Dipukul Pria, Begini Reaksi Warganet

Ibrahim mengungkapkan, SH menjual dengan modus adopsi bayi melalui akun media sosial Ayah Sejuta Anak mengatasnamaka Yayasan Sejuta Anak. Peminat diminta uang sebesar 15 juta rupiah dengan dalih untuk mengganti biaya persalinan.

Padahal, persalinan dilakukan di rumah sakit menggunakan BPJS.  

SH saat ini telah ditahan oleh pihak kepolisian. Polisi dijerat pasal 83 Jo 76F UU RI No.35 tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan atau pasal 2 UU RI No 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

"Ancaman hukumannya penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama 15 lima belas tahun dan denda paling sedikit Rp60 juta dan paling banyak Rp300 juta," katanya. 

Baca Juga: Kasus Penganiayaan Wartawan di Karawang, Polisi Periksa 12 Saksi dan Tetapkan 3 Tersangka Status ASN dan Sipil

Sebelumnya, kedok adopsi bayi secara ilegal SH berhasil dibongkar pihak kepolisian. SH merupakan warga Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bansos UMKM Cair, Cek di Desember 2022

Selasa, 29 November 2022 | 13:09 WIB
X