Simak Cara Mudah Memasang STB ke Televisi LED atau TV Tabung di Rumah

- Jumat, 30 September 2022 | 14:35 WIB
Cara mudah untuk memasang STB ke TV analog anda yang ada di rumah semoga membantu.
Cara mudah untuk memasang STB ke TV analog anda yang ada di rumah semoga membantu.

LENGKONG. AYOBANDUNG.COM -- Mulai tanggal 30 April 2022 pemerintah mulai menghentikan siaran TV analog tahap pertama mencakup 116 Kabupaten/Kota yang meliputi wilayah siaran.

Adapun Tahap kedua dilakukan pada 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga pada bulan November 2022, artinya masyarakat Indonesia tidak dapat lagi menangkap siaran TV analog dan didorong untuk beralih ke siaran TV digital.

Alasan masyarakat didorong untuk pindah ke TV digital ini menggunakan pemancar sinya Free to Air (FTA) yang memiliki kualitas gambar siaran digital yang lebih jernih serta jumlah channel yang lebih banyak. Selain itu kualitas visual dan audio yang ditampilkan juga lebih stabil.

Baca Juga: Beralih ke TV Digital! Ini 23 Daftar Set Top Box Terbaik Bersertifikasi Kominfo, Bikin Gambar dan Suara Jernih

Untuk melakukan Analog Switch off atau bisa disebut ASO ini anda tidak perlu membeli TV baru cukup menggunakan Set Top Box (STB) di jejaring belanja online dengan harga mulai dari Rp 200 Ribuan saja TV analog anda akan berganti menjadi TV digital.

STB TV digital adalah alat pengubah sinyal, yaitu untuk mengubah sinyal yang ditangkap oleh antena menjadi gambar dan suara yang dapat di tampilkan di TV analog biasa.

Jika anda hendak membeli STB, pilihlah STB yang bersertifikat Kominfo. STB yang bersertifikasi Kominfo merupakan jaminan bahwa STB bisa digunakan dan fiturnya bisa berfungsi optimal.

Karena untuk menangkap siaran TV digital diperlukan STB khusus yang mendukung Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial yaitu tipe STB DVB-T2, bukan STB lain.

Baca Juga: Apa Itu Siaran TV Digital dan TV Analog? Ini Pengertian beserta Perbedaannya

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X