Kasihan Honorer Tua, Pendataan Non ASN Usia Lebih 56 Tahun Ditolak Karena Hal Ini

- Kamis, 29 September 2022 | 06:46 WIB
Kenapa usia honorer ditentukan maksimal 56 tahun dalam pendataan non ASN? Ternyata karena ini (Republika.co.id/Putra M. Akbar)
Kenapa usia honorer ditentukan maksimal 56 tahun dalam pendataan non ASN? Ternyata karena ini (Republika.co.id/Putra M. Akbar)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - - Nasib memprihatinkan dirasakan oleh honorer tua berusia lebih dari 56 tahun yang akan ditolak mengisi aplikasi pendataan non ASN dari BKN dan tidak memiliki kesempatan untuk menjadi PPPK 2022.

Pasalnya hanya honorer berusia 20-56 tahun saja yang diikutsertakan dalam pendataan non ASN sesuai dengan surat edaran Menpan RB Nomor B/1511/M.SM.01.00/2022.

Selain batasan usia, honorer yang diberi kesempatan untuk dapat mengikuti seleksi PPPK 2022 setelah dilakukannya pendataan non ASN adalah berstatus THK-II yang terdaftar dalam database BKN dan pegawai non aparatur sipil yang telah bekerja di instansi pemerintah.

Baca Juga: Ternyata! Gaji PNS 2022 Per Jam Dibayar Segini, Ini Rinciannya Benarkah Sesuai dengan Pekerjaan yang Diemban?

Syarat lainnya yaitu pegawai non aparatur sipil yang mendapat honorarium dengan mekanisme pembayaran langsung yang berasal dari APBN atau APBD, diangkat paling rendah oleh pimpinan unit kerja, dan telah bekerja paling singkat satu tahun pada 31 Desember 2021.

Kenapa umur tenaga non aparatur sipil negara ditentukan maksimal 56 tahun? Fakta yang berada di lapangan ialah banyak pegawai non pemerintah yang berusia di atasnya dan telah lama mengabdi di instansi pemerintah bahkan mencapai puluhan tahun serta berharap dapat diangkat menjadi PPPK 2022.

Bukankah dengan adanya pembatasan umur menjadi sebuah diskriminasi bagi senior yang telah lama mengabdi. Sementara itu, junior justru yang mendapat kesempatan besar untuk berhasil menjadi PPPK 2022.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen memberikan penjelasan terkait alasan adanya pemberlakuan batasan usia honorer maksimal 56 tahun saja yang diperbolehkan mengikuti pendataan non ASN.

Baca Juga: Begini Nasib Honorer 2023 Nakes dan Guru Usai Pendataan Non ASN

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Film Pengabdi Setan Apakah Kisah Nyata atau Bukan?

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:29 WIB
X