LPS Naikkan Tingkat Bunga Penjaminan, Nasabah Dijamin Semakin Aman

- Selasa, 27 September 2022 | 14:44 WIB
 Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS akhirnya menaikkan tingkat bunga penjaminan atau TBP simpanan di bank (Ist)
Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS akhirnya menaikkan tingkat bunga penjaminan atau TBP simpanan di bank (Ist)

AYOBANDUNG.COM -- Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS akhirnya menaikkan tingkat bunga penjaminan atau TBP simpanan di bank.

TBM simpanan dalam rupiah dinaikkan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,75 persen. Sementara TBM simpanan dalam valuta asing dinaikkan sebesar 50 bps menjadi 0,75 persen. Adapun TBP simpanan rupiah di BPR naik sebesar 25 bps menjadi 6,25 persen.

"Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa hal seperti kondisi perbankan dan upaya mendorong pemulihan serta sinergi kebijakan dalam menjaga sistem keuangan nasional," kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa dalam Konferensi Pers mengenai TBP, Selasa, 27 September 2022.

Baca Juga: Ketua DK LPS : Masih Ada yang Belum Tahu Bahwa Uang Simpanan di Bank Dijamin LPS

Kebijakan ini berlaku mulai 1 Oktober 2022 sampai dengan 31 Januari 2023. Sesuai dengan Peraturan LPS Nomor 1 Tahun 2018, LPS secara reguler menetapkan TBP sebanyak tiga kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Januari, Mei, dan September.

Namun hal tersbeut tidak berlaku jika terjadi perubahan pada kondisi perekonomian dan perkembangan yang signifikan. Sehingga, jika dalam hal hasil evaluasi perekonomian menunjukkan perubahan yang lebih cepat dan signifikan, LPS dapat melakukan perubahan di luar periode reguler tersebut.

Purbaya menyampaikan, dalam hal suku bunga simpanan yang diberikan antara bank dan nasabah penyimpan berada di atas tingkat bunga penjaminan simpanan yang berlaku, maka simpanan nasabah tersebut menjadi tidak tercakup dalam program penjaminan LPS.

Baca Juga: Berusia 17 Tahun, LPS Ungkap Rencana Selanjutnya

"Maka itu kami (LPS) mengimbau agar bank secara terbuka menyampaikan kepada nasabah mengenai besaran penjaminan yang berlaku saat ini," kata Purbaya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Garut Masuk Tipe Intraslab, Ini Penjelasan BMKG

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:48 WIB
X