Benarkah Perubahan Warna Pertalite Bikin Boros? Ini Kata Pakar ITB

- Senin, 26 September 2022 | 20:58 WIB
Masyarakat dihebohkan dengan perubahan warna Pertalite,  apakah hal itu membuat Pertalite boros setelah harganya naik? Ini kata pakar ITB. (Instagram @memomedsos)
Masyarakat dihebohkan dengan perubahan warna Pertalite, apakah hal itu membuat Pertalite boros setelah harganya naik? Ini kata pakar ITB. (Instagram @memomedsos)

AYOBANDUNG.COM -- Banyak yang mungkin masih bertanya-tanya apakah Pertalite menjadi boros? Hal inilah yang kemudian banyak diperbincangkan masyarakat baik di lapangan maupun di dunia maya.

Banyak di antara masyarakat yang merasa BBM Pertalite boros setelah harganya naik menjadi Rp10.000 per liter. Lantas benarkah Pertalite itu menjadi boros usai harganya naik?

Anggapan borosnya BBM Pertalite setelah harganya naik menjadi Rp10.000 per liter masih bergulir di tengah masyarakat. Kemudian narasi Pertalite boros ini dikaitkan dengan warna Pertalite yang berubah. Tak sedikit orang yang menganggap perubahan warna tersebut mengakibatkan Pertalite boros.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Antrean Kendaraan di SPBU malah Meningkat dan Isu Pertalite Makin Boros

Ada tiga jenis BBM subsidi yang mengalami kenaikan harga setelah ditetapkan oleh pemerintah pada Sabtu (3/9/2022) lalu. Tiga itu ialah Pertalite, Solar, dan Pertamax.

Pertalite yang semula harganya Rp7.650 sekarang menjadi Rp10.000 per liter. Solar yang awalnya Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800. Lalu Pertama yang semula Rp12.500, naik harganya menjadi Rp14.500.

Terkait hal tersebut, Pertamina telah meluruskan kekeliruan pandangan masyarakat itu. Pertamina menyatakan, tidak ada yang berubah dalam kualitas BBM jenis Pertalite dengan RON 90.

Baca Juga: Terkait Pertalite Terasa Lebih Boros, Ini Kata Pertamina

Pertamina dalam keterangannya mengatakan, Pertalite didistribusikan lewat distributor resmi ke seluruh wilayah Indonesia. Dasarnya ialah Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

Contoh distributor resmi BBM dari Pertamina adalah SPBU dan Pertashop. Pertamina juga memberi jaminan, semua produk BBM yang disalurkan melalui distributor resmi itu sudah sesuai spesifikasi sebagaimana aturan yang berlaku.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bansos UMKM Cair, Cek di Desember 2022

Selasa, 29 November 2022 | 13:09 WIB
X