7 Fakta Mengejutkan Soal Xi Jinping dan Kudeta Militer China: Banyak Hal Tak Terbayangkan Terjadi

- Senin, 26 September 2022 | 16:46 WIB
Rumor Xi Jinping Telah Dikudeta dan Berada di Bawah Tahanan Rumah, Apakah Benar?
Rumor Xi Jinping Telah Dikudeta dan Berada di Bawah Tahanan Rumah, Apakah Benar?
 
AYOBANDUNG.COM -- Xi Jinping disebut-sebut tengah menjadi tahanan rumah. Isu tersebut muncul lantaran adanya kabar kudeta militer China sedang berlangsung.
 
Namun hingga kini kabar tentang isu tersebut masih belum diketahui kebenarannya. Meski demikian nama Presiden China itu masih menjadi trending di dunia maya.
 
Artikel ini akan membahas informasi tentang 7 fakta Xi Jinping dan kudeta militer China yang saat ini dikabarkan sedang berlangsung.
 
1. Xi Jinping Trending di Twitter 
 
Dilansir dari Republika.co.id, nama Presiden China, Xi Jinping menjadi trending di media sosial Twitter setelah beberapa orang menyebut dia telah disanksi tahanan rumah oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Laporan yang menyebut bahwa Xi Jinping ditahan dan dikudeta ini akhirnya direspon dengan meme dan pesan lucu terhadap pemimpin China tersebut.
 
2. Ayah Xi Jinping Pernah Jadi Penguasa Namun Akhirnya Dipenjara
 
Dilansir dari Suara.com, lahir di Beijing pada tahun 1953, Xi Jinping adalah putra veteran revolusioner Xi Zhongxun, salah satu bapak pendiri Partai Komunis dan wakil perdana menteri. Karena akarnya yang termasyhur, Xi dipandang sebagai "pangeran" - anak pejabat senior elit yang telah naik pangkat.
 
Tetapi kekayaan keluarganya berubah secara dramatis ketika ayahnya disingkirkan pada tahun 1962 sebelum Revolusi Kebudayaan dan dipenjara.
 
3. Xi Jinping Diasingkan ke Pedesaan
 
Pada usia 15 tahun, Xi yang lebih muda dikirim ke pedesaan untuk "pendidikan ulang" dan kerja keras di desa Terpencil dan miskin Liangjiahe selama tujuh tahun - sebuah pengalaman yang kemudian akan menjadikannya orang besar yakni Presiden.
 
Xi tidak melawan Partai Komunis, Xi justru menerimanya dan bergandengan tangan. Sebelumnya dia mencoba bergabung dengannya beberapa kali, tetapi ditolak karena kedudukan ayahnya.
 
Dia akhirnya diterima pada tahun 1974, dia bekerja keras untuk naik ke puncak pertama sebagai sekretaris partai lokal di provinsi Hebei, sebelum beralih ke peran yang lebih senior di tempat lain termasuk kepala partai Shanghai, kota kedua China dan pusat keuangan.
 
Profil Xi Jinping yang meningkat di partai mendorongnya ke badan pembuat keputusan teratas, Komite Tetap Politbiro, dan pada 2012 ia terpilih sebagai presiden.
 
4. Xi Jinping Menikahi Artis
 
Lulusan teknik kimia Universitas Tsinghua ini menikah dengan penyanyi glamor Peng Liyuan. Pilihan hidup ini kontras dari pasangan presiden sebelumnya, di mana ibu negara secara tradisional tetap memiliki profil yang lebih sederhana.
 
Pernikahan Xi Jinping dengan Peng Liyuan dikaruniai satu anak perempuan, Xi Mingze. Informasi mengenai tentang Xi Mingze tidak banyak beredar. Hanya diketahui bahwa dia belajar di Universitas Harvard.
 
5. Kendaraan Militer Berjalan di Jalan Raya
 
Dikutip dari News Room Post, Sabtu 24 September 2022, berita itu muncul ke permukaan setelah aktivis hak asasi manusia China Jennifer Zeng berbagi video di Twitter. Dalam video tersebut, beberapa kendaraan militer terlihat berjalan di jalan raya. 
 
Zeng mengatakan konvoi itu panjangnya 80 kilometer dan desas-desusnya adalah bahwa Xi Jinping telah menjadi tahanan rumah.
 
6. 60% Penerbangan di China Dibatalkan
 
Dalam videonya, Zeng menulis, ”Kendaraan militer #PLA menuju #Beijing pada 22 Sep. Mulai dari Kabupaten Huanlai dekat Beijing & berakhir di Kota Zhangjiakou, Provinsi Hebei, seluruh prosesi sepanjang 80 kilometer. Sementara itu, rumor mengatakan bahwa #XiJinping ditahan setelah senior #PKC memecatnya sebagai kepala PLA.”
 
Menurut laporan berita, 60 persen penerbangan di China dihentikan pada Jumat lalu. Namun, belum ada penjelasan apa pun terkait hal ini yang dikeluarkan oleh pemerintah China. Di media sosial, dikatakan bahwa Jenderal Angkatan Darat China Li Qiaoming telah mengambil alih sebagai presiden baru.
 
7. Netizen China Masih Tak Mempercayai Xi Jinping Jadi Tahanan Rumah
 
Merespons ini, para pengguna Twitter dengan berbagai opininya. Ada yang mengaku tidak percaya pada isu tersebut.
 
”Jika rumor penangkapan #XiJinping atau #Kudeta di #China menjadi kenyataan (yang tampaknya sulit dipercaya sekarang) maka bersiaplah untuk #stockmarketcrash global besar-besaran. China akan menjadi tidak stabil, yang akan memastikan arus keluar uang yang besar. Negara sudah duduk di gelembung “segalanya” Besar!,” tulis seorang pengguna bernama Palak Shah.
 
"Kudeta dalam berita #China: Nyata atau Palsu, tidak jelas -Pembatalan Massal Penerbangan di Seluruh China: 60 persen penerbangan dibatalkan kemarin, menurut berita asli. Mungkin ada gejolak besar sebelum Kongres Nasional #PKC ke-20 -Itulah sebabnya #XiJinping akan tidak keluar selama 2,5 tahun? Saya akan kembali," tulis pengguna lain, sambil mengungkap fakta baru. 
 
Demikian informasi tentang fakta Xi Jinping dan Kudeta militer China yang saat ini tenah menjadi sorotan masyarakat dunia. Smeoga informasi ini menjawab rasa penasaran Anda.
 

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

THANKSGIVING STORY

Senin, 28 November 2022 | 16:11 WIB

Penyebab Banjir Jeddah Dibongkar BMKG Arab Saudi

Jumat, 25 November 2022 | 14:09 WIB
X