Sebelum Mendaftar, Ini 7 Tugas Pendamping lokal Desa Tahun 2022, Sudah Tahu?

- Senin, 26 September 2022 | 07:30 WIB
Surat Pengumuman Tentang Recrutmen Baru Pendamping Lokal Desa (PLD) T.A. 2022. (Tangkapan layar situs resmi)
Surat Pengumuman Tentang Recrutmen Baru Pendamping Lokal Desa (PLD) T.A. 2022. (Tangkapan layar situs resmi)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM -- Sebelum mendaftar menjadi calon Pendamping Lokal Desa yang sebentar lagi akan digelar oleh kementrian Desa Pembangunan Daerah dan Transmigrasi atau sering disingkat Kemendes PDTT.

Menjadi hal yang wajib, untuk memahami tugas dan tufoksi dari pendamping lokal desa itu sendiri. Sehingga nantinya pada proses seleksi baik wawancara maupun tertulis, mampu diselesaikan secara optimal.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi bahan refleksi serta pertimbangan bagi para calon pendaftar yang akan memilih untuk mengikuti dan menjadi Pendamping Lokal Desa pada tahun yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Baca Juga: Kemnaker Beri Kode Pencairan BSU 2022 Tahap 3, Catat Syarat Agar Dapat BLT Subsidi Gaji Rp600 Ribu

Lalu apa saja yang menjadi tugas dan tufoksi yang harus dilaksanakan oleh para Pendamping Desa ditahun ini? Simak penjelasnya sebagai berikut.

Untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi pendamping desa sendiri, harus menyesuaikan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Peraturan Mentri Desa, PDTT no 19 tahun 2020.

Berdasarkan sumber informasi yang didapat oleh oleh tim ayo Bandung melalui website resmi kemendesa.go.id, berikut sejumlah tugas pokok pendamping lokal desa (PLD).

1. Melakukan pendampingan dalam kegiatan Pendataan Desa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan Pembangunan Desa yang berskala lokal Desa;

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2022 Segera dibuka, 3 Prioritas Honorer Diutamakan, Cek Pastikan itu Kamu

2. Terlibat aktif mencatat dan melaporkan kegiatan sehari-hari di Desa yang berkaitan dengan implementasi SDGs Desa, kerja sama antar Desa, dan BUM Desa ke dalam aplikasi laporan harian dalam SID;

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bansos UMKM Cair, Cek di Desember 2022

Selasa, 29 November 2022 | 13:09 WIB
X