Berapa Gaji Hacker Indonesia? Bug Hunter Bisa Dapat Reward Fantastis

- Sabtu, 24 September 2022 | 11:45 WIB
Berapa gaji hacker Indonesia per bulan? Bug hunter bisa dapat reward fantastis  ((pixabay.com/B_A))
Berapa gaji hacker Indonesia per bulan? Bug hunter bisa dapat reward fantastis ((pixabay.com/B_A))

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Berapa gaji hacker Indonesia per bulan? Seorang yang hanya menjadi bug hunter saja bisa mendapat reward yang fantastis.

Istilah hacker sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Baru-baru ini kasus yang tengah viral adalah peretas Bjorka. Tahukah Anda berapa gaji yang diterimanya?

Seiring dengan maraknya pemberitaan tentang Bjorka, munculah nama-nama hacker Indonesia yang sebelumnya memang sudah dikenal keahliannya dari pertama menjadi bug hunter. Tentunya mereka mendapat gaji dan reward yang fantastis.

Baca Juga: Terbaru! 6 Lowongan Kerja Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Lulusan SMA, SMK dan S1

Seorang peretas dan bug hunter harus memahami ilmu dasar komputer, jaringan, linux, wireshark, virtualisasi, konsep keamanan, privasi internet, teknologi nirkabel, dan database. Begitu pun dengan Bjorka.

Kemampuan yang banyak ini sesuai dengan tugas yang harus dilaksanakannya, yaitu mencari celah dan memberi solusi dari adanya celah keamanan suatu sistem.

Sepadan dengan tugas yang berat tersebut sepantasnya peretas mendapat gaji atau reward yang fantastis, bukan hanya berupa sertifikat dan merchandise.

Salah satu hacker Indonesia yang pernah menjadi bug hunter dalam bug bounty program dari situs NASA, Putra Aji Adhari menceritakan pengalamannya mendapat reward setelah membantu pemerintah, khususnya BSSN dalam menemukan celah keamanan sistem.

Baca Juga: Kamaruddin Simanjuntak Bongkar Petinggi Polri yang Tutupi Kasus Ferdy Sambo: Ada yang Kambing Hitamkan Bawahan

Halaman:

Editor: Vincensia Enggar Larasati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Cara Jitu Merawat Kipas Angin Meja agar Tahan Lama

Rabu, 23 November 2022 | 17:08 WIB

3 Zodiak Pembuka Pintu Rezeki, Desember Bakal Happy

Senin, 21 November 2022 | 19:21 WIB
X