Bjorka Hacker atau Cracker? Yuk, Simak Perbedaannya

- Jumat, 23 September 2022 | 21:57 WIB
Bjorka Hacker atau Cracker? Yuk, Simak Perbedaannya
Bjorka Hacker atau Cracker? Yuk, Simak Perbedaannya

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Hingga saat ini masih marak pemberitaan terkait Bjorka yang disebut pahlawan oleh masyarakat Indonesia karena dia dianggap sebagai hacker yang membantu masyarakat, bukan cracker.

Bjorka telah berani menyentil, meretas, dan membocorkan data pribadi milik beberapa pejabat negara yang dianggap merugikan rakyat melalui grup Telegram serta membobol lembaga pemerintah, seperti Kominfo, Badan Intelijen Negara (BIN), dan lainnya.

Tindakan Bjorka yang dinilai berada di kubu rakyat pun mendapat dukungan dari sejumlah masyarakat yang akhirnya menyebut dia sebagai pahlawan hacker bukan cracker.

Baca Juga: 'Mamah Minta Pulsa!' Bukti dari Kejahatan Siber, Putra Aji Adhari Sebut akibat Pencurian Data oleh Bjorka

Banyak dari kita menyebut semua orang yang berhasil meretas jaringan dengan sebutan hacker, baik itu untuk tindakan peretasan yang positif maupun negatif seperti cyber crime.

Padahal tidak semua orang yang berhasil melakukan peretasan jaringan adalah hacker. Terdapat kelompok lainnya, yaitu cracker.

Lantas apa perbedaan hacker dan cracker? Bjorka termasuk ke dalam golongan yang mana?

Baca Juga: Putra Aji Sebut Ada Tiga Jenis Hacker, Menyingkap Motif Bjorka Meretas Data Pribadi

Dilansir dari berbagai sumber, kata hacker atau peretas pertama kali muncul sebagai sebutan positif bagi seseorang yang memiliki keahlian di bidang sistem komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dibanding program sebelumnya yang telah dirancang.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inspirasi OOTD Hari Batik Nasional 2022 ala Publik Figur

Jumat, 30 September 2022 | 11:34 WIB
X