BIJB Kertajati Mulai Angkut Jemaah Umrah, Pemprov Jabar Diminta Responsif

- Jumat, 23 September 2022 | 16:38 WIB
Anggota DPRD Jabar, Daddy Rohanady. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati direncanakan akan melayani angkutan umrah di bulan November 2022. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Anggota DPRD Jabar, Daddy Rohanady. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati direncanakan akan melayani angkutan umrah di bulan November 2022. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

 

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati direncanakan akan melayani angkutan umrah di bulan November 2022.

Berstatus sebagai pintu masuk (Entry Poin) Internasional, BIJB Kertajati diharapkan mampu bergeliat setelah sekian lama 'mati suri'.

Sejauh ini, BIJB Kertajati hanya difungsikan untuk pengangkutan barang atau Kargo. Itu pun hanya berjalan empat kali dalam satu pekan.

"Hari-hari ini kita ada kargo empat kali seminggu yang keluar, tapi kita tidak puas dengan itu, bagaimana caranya kargo bertambah, dengan umrah paling tidak ada geliat Kertajati," kata Anggota Komisi 4 DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady, di Kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat, 23 November 2022.

Baca Juga: Ibu Hamil Korban Penyerangan dalam Angkot Tanjungsari Meninggal Dunia

Daddy menuturkan, Kemenhub baru memberikan slot kepada dua maskapai untuk mengangkut jemaah umrah pada November 2022. Hal itu dinilai masih kurang, pasalnya, potensi angkutan umrah di Jawa Barat sangat besar dengan penduduk mendekati 50 Juta jiwa.

"Saya mendorong dan ngotot Kertajati itu running (beroperasi), Menhub bilang per November mulai Umrah dan Haji baru dua maskapai Garuda dan Lion, tapi menurut saya belum maksimal dalam kapasitas full Kertajati," ucapnya.

"Kalau mau running (beroperasi) harusnya Kertajati jauh di atas itu, jangan bilang Kertajati tidak ada prospek, bohong besar," tegasnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Garut Masuk Tipe Intraslab, Ini Penjelasan BMKG

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:48 WIB
X