Banyak yang Berumur Panjang, Pola Hidup Sehat Warga Kampung Adat Miduana Bikin Penasaran

- Kamis, 22 September 2022 | 18:23 WIB
Pola hidup sehat yang berpijak pada tradisi dan kearifan lokal warga Kampung Adat Miduana makin membuat penasaran publik Indonesia. (Istimewa)
Pola hidup sehat yang berpijak pada tradisi dan kearifan lokal warga Kampung Adat Miduana makin membuat penasaran publik Indonesia. (Istimewa)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Pola hidup sehat yang berpijak pada tradisi dan kearifan lokal warga Kampung Adat Miduana, Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, makin membuat penasaran publik Indonesia bahkan dunia.

Ketua Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia, Wina Rezky Agustina yang konsen sejak setahun terakhir mendampingi dan melakukan penelitian di Kampung Adat Miduana, mengatakan, berdasarkan catatan yang dimilikinya banyak warga dari luar Miduana termasuk peneliti dan media asing tertarik datang ke Miduana.

Salah satu yang menjadi daya tarik, selain soal kepercayaan dan adat istiadat yang masih dipegang teguh adalah soal pola hidup sehat yang mereka tanamkan.

“Di Miduana banyak warga yang berumur panjang dan jarang sakit, salah satunya karena memang mereka memiliki pola hidup sehat,” kata Wina saat menjadi salah satu narasumber pada liputan yang dilakukan Al Jazeera English TV International di Kampung Adat Miduana.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Kemping dan Wisata di Gunung Puntang 2022

Televisi berita internasional yang dimiliki Al Jazeera Satellite Network itu sengaja datang ke Miduana untuk melakukan liputan langsung terkait pola hidup sehat yang menyebabkan warga adat Miduana banyak yang berusia panjang dan sehat.

Wina yang didampingi Ketua Dewan Adat Miduana, Rustiman, Kokolot Adat, Abah Yayat, serta Karangtaruna Jiwa Sadana menyambut baik banyak orang yang datang dan tertarik ke
Miduana.

“Kami berharap pemerintah bisa segera melakukan revitalisasi dan dapat memberikan perlindungan secara khusus agar keberadaan Kampung Adat Miduana, baik seni, objek yang diduga cagar budaya (ODCB) dan seluruh sumber daya alam yang ada di dalamnya bisa terlindungi,” kata Wina.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Bandung Lengkap dengan Harga Tiket Weekend Terbaru Agustus 2022

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bogasari Bantu Kembangkan SMK Pusat Keunggulan

Kamis, 22 September 2022 | 16:15 WIB

Lewat Sistem ANBK Pelajar Dituntut Memiliki Kreativitas

Kamis, 22 September 2022 | 11:15 WIB

Anne Gugat Cerai Dedi Mulyadi, Netizen Bilang Begini

Rabu, 21 September 2022 | 21:17 WIB

Gempa Bumi Garut Selasa Magnitudo 4,0 Terasa di Sukabumi

Selasa, 20 September 2022 | 17:57 WIB
X