Data Tenaga Honorer Capai Angka Fantastis, Menpan RB Sebut Akan Tempuh Cara Ini!

- Rabu, 21 September 2022 | 15:05 WIB
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas  (Instagram/@azwaranas.a3)
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas (Instagram/@azwaranas.a3)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah berencana menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang.

Sehingga kedepannya, hanya ada tenaga ASN di lingkup kantor pemerintahan. Wacana tersebut telah disampaikan selama beberapa saat terakhir.

Pemerintah juga meminta agar setiap instansi untuk keberadaan tenaga Non-ASN di lingkungan pemerintah.

Baca Juga: Pemerintah Batal Hapus Tenaga Honorer di Tahun 2023? Menpan RB Beberkan Alasannya

Kendati, pendataan tersebut tidak ditujukan untuk pengangkatan PPPK 2022. Namun CPNS untuk tahun ini, ditujukan untuk pengangkatan PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, data terakhir yang dia dapatkan jumlah tenaga honorer yang dilaporkan oleh para kepala daerah mencapai sekitar 1,1 juta orang.

Namun, belakangan diketahui terdapat indikasi data yang diinput tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang ada pada surat edaran Menpan-RB Nomor B/1511/M.SM.01.00/2022.

"Ternyata setelah kita diskusi dan mendapatkan masukan dari BKN dan beberapa pihak, terdapat indikasi bahwa data yang diinput tidak sesuai dengan surat edaran Menpan-RB," ungkap Anas dalam Rapat Koordinasi dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta, Rabu 21 September 2022).

Untuk itu, data yang sudah masuk itu akan dikembalikan buat diverifikasi dan diaudit ulang serta diumumkan secara transparan oleh instansi pemerintah pengusul.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X