Dipecat! Ferdy Sambo Tak Dapat Uang Pensiun Polri Seumur Hidup Segini

- Rabu, 21 September 2022 | 06:40 WIB
Uang pensiun Polri seumur hidup yang gagal didapat oleh Ferdy Sambo dengan besaran antara Rp1.643.500 – Rp4.448.100. (Suara.com)
Uang pensiun Polri seumur hidup yang gagal didapat oleh Ferdy Sambo dengan besaran antara Rp1.643.500 – Rp4.448.100. (Suara.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COMFerdy Sambo resmi dipecat melalui keputusan persidangan komisi banding pada 19 September 2022 dan gagal mendapat uang pensiun Polri setiap bulannya.

Apabila Ferdy Sambo tidak melakukan pembunuhan terhadap Brigadir J dan tidak melakukan pelanggaran kode etik yang berujung dipecat, berapa uang pensiun Polri yang seharusnya didapat?

Menurut Peraturan Kepolisian Nomor 1 Tahun 2019, pasca pengakhiran dinas Ferdy Sambo sebagai anggota polisi seharusnya berhak mendapat uang pensiun Polri.

Baca Juga: Akhir Manis Perjuangan Kamaruddin Simanjuntak Usai Banding PTDH Ferdy Sambo Ditolak

Akibat perbuatannya yang melakukan pembunuhan dan melanggar kode etik Inspektur Jenderal Polisi tersebut tidak mendapat hak pasca dinas kendati telah mengajukan surat pengunduran diri yang kemudian ditolak dan akhirnya dipecat.

Mulanya Perwira Tinggi tersebut mengajukan banding terkait penolakan permintaan pemberhentian dirinya melalui proses mengundurkan diri secara terhormat. Namun, pada akhirnya persidangan memutuskan menolak banding tersebut.

Selain hak pasca dinas, anggota polisi juga berhak mendapat tunjangan, penerbitan keputusan pensiun warakawuri/duda, keputusan tunjangan anak yatim/piatu dan tunjangannya, keputusan tunjangan orang tua, keputusan pensiun terusan, dan lain-lain.

Mengacu pada Peraturan Kepolisian Nomor 1 Tahun 2019 Pasal 63, hak purna tugas hanya diberikan kepada anggota polisi yang memenuhi ketentuan berikut ini.

Baca Juga: Listyo Sigit Ungkap Alasan dari Tidak Ditahan Putri Candrawati, Benarkah Ada Negosiasi dari Ferdy Sambo?

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X