Rentenir Garut Robohkan Rumah Warga karena Utang, Ridwan Kamil Sarankan bjb Mesra

- Senin, 19 September 2022 | 17:56 WIB
Ilustrasi uang rupiah | Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut prihatin adanya kasus rentenir yang robohkan rumah warga gara-gara hutang. (Unsplash/Mufid Majnun)
Ilustrasi uang rupiah | Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut prihatin adanya kasus rentenir yang robohkan rumah warga gara-gara hutang. (Unsplash/Mufid Majnun)

 

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut prihatin adanya kasus rentenir yang robohkan rumah warga gara-gara utang. Ridwan Kamil menyodorkan 'Ekonomi Pancasila' sebagai salah satu solusi.

Konsep 'Ekonomi Pancasila' yang dimaksud adalah dengan melakukan peminjaman di salah satu bank di Jawa Barat.

Syaratnya, pemohon pinjaman harus berkelompok untuk dan bertanggung jawab secara bersama. Apalagi, pinjaman juga diberlakukan tanpa menggunakan agunan.

"bjb (bank) sudah diperintahkan, ikutlah kredit Mesra aja, uangnya sama, tidak pakai bunga agunan asal berkumpul minimal berlima, satu masalah empat bertanggung jawab," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Akui Ada Kasus Potongan BLT BBM hingga Sengaja Salah Sasaran di Jabar

"Inilah ekonomi Pancasila yang dibangun, ini kalau digabung tidak lagi kasus seperti di Garut," imbuhnya.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu mengaku prihatin dengan warga yang rumahnya dirobohkan rentenir di Garut. Kang Emil pun menyarankan agar masyarakat tidak lagi meminjam uang kepada rentenir.

"Saya prihatin, makanya saya berharap warga jangan ada lagi warga yang terjebak ke rentenir. (Sebaiknya bjb Mesra -red) itu sudah ada sejak saya awal jadi Gubernur," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X