Nasib Tenaga Honorer 2023 Jika Dihapus, Ini Hasil Rapat MENPANRB dan Pemda

- Kamis, 15 September 2022 | 12:39 WIB
Bagaimana nasib tenaga honorer 2023 jika jadi dihapus? Begini hasil rapat Menpan RB dan juga Pemerintah Daerah (Pemda) (Freepik)
Bagaimana nasib tenaga honorer 2023 jika jadi dihapus? Begini hasil rapat Menpan RB dan juga Pemerintah Daerah (Pemda) (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bagaimana nasib tenaga honorer 2023 jika jadi dihapus? Ada beberapa hasil rapat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) dan Pemerintah Daerah (Pemda)

MENPANRB Abdullah Azwar Anas terkait tenaga honorer atau non ASN meminta kepada instansi pemerintah daerah untuk segera mempercepat proses pendataan serta validasi.

Azwar Anas juga meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan roadmap penyelesaian tenaga honorer atau non-Aparatur Sipil Negara.

Baca Juga: Simak Yuk! 3 Mekanisme Rekrutmen PPPK Guru 2022 bagi Honorer agar Lolos ASN, Pendaftaran Akan Dibuka Lho

Anas juga menekankan bahwa persoalan tenaga honorer adalah masalah bersama dan tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu atau dua instansi saja.

Dia juga menambahkan bahwa penataan honorer atau sumber daya manusia ini memiliki tujuan jangka panjang untuk menyiapkan Indonesia menjadi empat kekuatan ekonomi dunia di tahun 2050 mendatang.

Selain itu dalam rapat tersebut juga hadir perwakilan kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) serta Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Bima Arya selaku ketua umum APEKSI dalam rapat dengan MENPANRB memberikan usulan agar ada moratorium dan kesepakatan tegas dari setiap pemda untuk tidak lagi menambah pegawai non ASN.

Baca Juga: Info PPPK 2022: Jadwal, hingga Mekanisme Perekrutan K2 dan Non ASN, Honorer Wajib Tahu!

Bima juga mengusulkan agar ada pembatasan kuota mutasi ASN.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X