Besaran Dana Bansos BLT BBM dan Cara Ceknya yang Mulai Diturunkan Pemerintah

- Selasa, 6 September 2022 | 15:43 WIB
Ini besaran dana bantuan sosial (bansos) BLT BBM dan cara ceknya yang mulai diturunkan oleh pemerintah ringan harga BBM yang naik (Pixabay)
Ini besaran dana bantuan sosial (bansos) BLT BBM dan cara ceknya yang mulai diturunkan oleh pemerintah ringan harga BBM yang naik (Pixabay)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM -- Dalam upaya meredam dampak atas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pemerintah saat ini mulai aktif menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM.

Syarat penyaluran bansos BLT BBM ini disalurkan kepada penerima yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Mengutip dari berbagai sumber, perubahan data DTKS ini dilakukan setiap bulannya. Pembaruan DTKS ini dilakukan berdasarkan masukan dari pemerintah daerah.

Baca Juga: Cara Muda Cek Bansos Kemensos RI, Ada BLT BBM hingga PKH, Adakah Nama Anda?

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat memberikan masukan melalui menu “Usul dan Sanggah” pada aplikasi Cek Bansos, dengan data yang diusulkan akan dicek dan verifikasi.

Dana yang dialokasikan oleh pemerintah sebesar Rp 12,4 triliun untuk program BLT BBM ini, dengan total sasaran sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Nantinya, masing-masing penerima bansos BBM ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000 sebanyak dua kali atau total Rp 600.000.

Baca Juga: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Para Buruh Teriakkan Nama Ferdy Sambo karena Hal Ini

Pemberian bantuan tersebut akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu di bulan September dan Desember mendatang.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X