4 Dampak Mengerikan Kenaikan Harga BBM Bagi Masyarakat: Picu Kemiskinan hingga PHK Massal

- Senin, 5 September 2022 | 11:33 WIB
Ilustrasi.Ada beberapa dampak mengerikan kenaikan harga BBM bagi masyarakat salah satunya memicu kemiskinan hingga PHK massal (Ayobandung.com/Restu Nugraha )
Ilustrasi.Ada beberapa dampak mengerikan kenaikan harga BBM bagi masyarakat salah satunya memicu kemiskinan hingga PHK massal (Ayobandung.com/Restu Nugraha )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pemberitaan mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat.

Kenaikan harga BBM ini sudah diresmikan pemerintah pada hari Sabtu, 3 September 2022, pada pukul 14.30 WIB.

Pemerintah menaikan harga 3 jenis BBM, yakni BBM Pertalite menjadi Rp10 ribu per liter dari harga awal Rp7.650 per liter, Pertamax menjadi Rp14.500 per liter dari awalnya Rp12.500 per liter, serta Solar menjadi Rp6.800 per liter naik dari harga Rp5.150 per liter.

Baca Juga: Organda Jabar Sebut Angkutan Umum Garut dan Purwakarta Mogok Imbas Kenaikan BBM

Kenaikan harga BBM ini menuai kontroversi di kalangan masyarakat, terutama pada golongan menengah ke bawah.

Berdasarkan penelusuran Ayobandung dari berbagai sumber, ada sejumlah dampak mengerikan yang akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat terkait kenaikan harga BBM ini, diantaranya:

1. Harga BBM naik menekan inflasi melonjak

Analis Kamkroekonomi Bank Danamon Indonesia Irman Faiz memperkirakan bahwa inflasi pada akhir tahun ini akan melejit seiring dengan kenaikan harga BBM.

Menurut Irman dengan adanya peningkatan inflasi, diprediksi bahwa Bank Indonesia akan lebih agresif dalam meningkatkan suku bunga acuannya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X