7 Amalan Hari Jumat Berkah yang Dianjurkan Nabi Muhammad Sayang Jika Dilewatkan

- Jumat, 2 September 2022 | 08:07 WIB
 7 amalan hari jum'at berkah yang dianjurkan Nabi Muhammad, kita dapat melakukannya dan akan sangat disayangkan jika tidak melakukannya (Freepik)
7 amalan hari jum'at berkah yang dianjurkan Nabi Muhammad, kita dapat melakukannya dan akan sangat disayangkan jika tidak melakukannya (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Hari jum'at disebut juga dengan dengan sayyidul ayyam (tuan segenap hari), Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk giat melakukan berbagai amalan hari jum'at yang penuh berkah ini.

Pada hari jum'at berkah ini dipercaya bahwa setiap amalan baik akan mendapatkan ganjaran dan pahala yang berlipat-lipat.

Alasan mengapa hari jum'at begitu diistemewakan adalah karena ada amalan hari Jumat yang akan sangat merugi jika tidak dikerjakan.

 Baca Juga: Waduh! Cucu Mensos Risma Diusir dari Wahana Bermain, Apa Alasannya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa amalan-amalan yang dapat  dilakukan pada hari Jum'at berkah ini, agar kita mendapatkan keridhoan dan keberkahan dari Allah SWT.

Mengingat bahwa hari Jumat merupakan hari baik diantara hari-hari lainnya, berikut amalan yang dapat kita kerjkan:

1. Memperbanyak Sholawat

Amalan hari Jum'at yang pertama di hari yang berkah ini kita dapat melakukan aktivitas memperbanyak membaca Sholawat.

Hal ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi sebagai berikut: "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti."

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X