Hukum Sholat Jumat untuk Musafir, Orang yang Sedang di Perjalanan

- Kamis, 1 September 2022 | 21:45 WIB
Ilustrasi bepergian atau mudik dengan kereta api | Bagaimana hukum sholat Jumat untuk musafir atau orang yang sedang bepergian? Simak ulasannya dalam artikel ini. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi bepergian atau mudik dengan kereta api | Bagaimana hukum sholat Jumat untuk musafir atau orang yang sedang bepergian? Simak ulasannya dalam artikel ini. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Bagaimana hukum sholat Jumat untuk musafir atau orang yang sedang bepergian?

Hakikatnya setiap Muslim lelaki yang sudah baligh punya kewajiban untuk menunaikan ibadah sholat Jumat.

Sholat dua rakaat dengan khutbah ini merupakan sarana seorang Muslim lelaki untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Khatib yang menyampaikan khutbah kerap mengajak kita untuk terus bertakwa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi laranan-Nya.

Baca Juga: Jadwal Sholat Bandung 2 September 2022, Sholat Jumat pukul berapa?

Keutamaan sholat Jumat tertera jelas di dalam Alquran. Allah SWT menjelaskan, "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS al- Jumuah ayat 9).

Meski demikian, muncul pertanyaan bagaimana kewajiban sholat Jumat orang yang sedang dalam perjalanan ke luar negeri atau luar kota dalam waktu tertentu. Syekh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin menukil dalam satu hadis riwayat Imam Bukhari yang berasal dari Ibnu Abbas.

"Sesungguhnya sholat Jumat pertama yang dilakukan sesudah sholat Jumat di masjid Rasulullah SAW ialah sholat Jumat di masjid milik Kabilah Abdul Qais di Desa Juwatsa yang termasuk kawasan Bahrain."

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat Edisi 2 September 2022: Cara Agar Mendapatkan Ketenangan Hati

Syekh Utsaimin menjelaskan, maksud dari hadis ini ialah tidak ada sholat Jumat di gurun pasir. Orang-orang badui yang tinggal di kemah dan selain mereka, tidak menyelenggarakan sholat Jumat. Sebab, mereka tidak tinggal di kampung atau di kota. Menurut Syekh Utsaimin, orang-orang badui zaman dahulu tinggal di sekitar Madinah pada masa Nabi SAW tidak menyelenggarakan sholat Jumat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berapa Hari Puasa Rajab 2023? Haruskah Berurutan?

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:50 WIB
X