Para Guru Wajib Tahu! Tunjangan Profesi Guru Dihapus? Ini Penjelasan Kemendikbud Soal RUU Sisdiknas

- Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
Tunjangan Profesi Guru bakal dihapus? Benarkah hal tersebut? Begini penjelasan dari Kemendikbud soal RUU Sisdiknas (Pixabay/ Iqibalnuril)
Tunjangan Profesi Guru bakal dihapus? Benarkah hal tersebut? Begini penjelasan dari Kemendikbud soal RUU Sisdiknas (Pixabay/ Iqibalnuril)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tersiar kabar bahwa tunjangan Profesi guru bakal dihapus karena beredarnya rancangan undang-undang (RUU) Sisdiknas yang menghilangkan beberapa poin soal TPG, benarkah hal tersebut? simak selengkapnya di sini.

RUU Sisdiknas yang naskahnya sudah dipublikasikan pada Agustus lalu kini menuai kontroversi.

Karena, banyak guru yang merasa keberatan dengan adanya RUU Sisdiknas pada bagian pasal yang mengatur tentang TPG. Pasal ini dianggap hilang dari RUU Sisdiknas.

Baca Juga: Waduh! Tunjangan Profesi Guru 2022 Tak Masuk ke RUU Sisdiknas, Bagaimana Nasib Sertifikasi Guru?

Dalam press release yang beredar Minggu kemarin, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyesalkan hilangnya pasal tentang tunjangan profesi guru dalam RUU Sisdiknas.

Dalam Pasal 105 huruf a-h yang memuat hak guru atau pendidik, tidak satupun ditemukan klausul terkait hak guru mendapatkan Tunjang Profesi Guru. Malah hanya memuat klausul tentang hak penghasilan/pengupahan dan jaminan sosial guru.

Koordinator Nasional P2G, Satriawan Salim menyebut perbandingan yang kontras terkait Tunjangan Profesi Guru (TPG) antara RUU Sisdiknas dengan UU Guru dan Dosen, jelas tampak RUU Sisdiknas berpotensi kuat akan merugikan jutaan guru di Indonesia.

Menurutnya, Tunjangan profesi guru dan tunjangan sertifikasi guru selama ini dianggap sebagai salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan harkat dan martabat guru. Sehingga guru dengan memperoleh tunjangan merasakan lebih baik kehidupannya.

Baca Juga: 14 Jabatan Fungsional Rumpun Pendidikan Bisa Jadi PPPK 2022, Guru Honorer Wajib Cek!

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X