Tunjangan Gaji Pensiunan PNS 2022 Naik? Ini Skema Fully Funded yang Disebut Sri Mulyani

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 11:50 WIB
tunjangan pensiunan 2022 naik dan pensiunan PNS dikabarkan bisa mencapai Rp1 Miliar, serta penerapan skema fully funded (Dok. sekretariat kabinet)
tunjangan pensiunan 2022 naik dan pensiunan PNS dikabarkan bisa mencapai Rp1 Miliar, serta penerapan skema fully funded (Dok. sekretariat kabinet)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Wacana terkait aturan gaji pensiunan PNS yang akan dirubah, semakin santer diberitakan. Skema fully funded pun rencananya akan diterapkan. seperti apa skemanya? simak di sini.

Para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapat kabar gembira, karena tunjangan pensiunan PNS yang dikabarkan naik.

Jaminan masa tua bagi PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) bakal semakin besar nilainya bila pemerintah telah menyelesaikan penyusunan skema baru, untuk menanggung hidup pensiunan para abdi negara tersebut.

Baca Juga: Wow! Tunjangan Kepala BRIN Hampir Rp50 Juta, PNS Kelas Jabatan Lain Berapa?

Di mana jumlah uang yang diterima pensiunan PNS dari skema iuran pasti (fully funded) ini diperkirakan bisa menyentuh angka Rp1 miliar.

Dalam skema fully funded atau iuran pasti, jumlah uang pensiunan yang diterima PNS puan akan lebih besar, dikarenakan iuran yang dibayarkan juga lebih besar.

Iuran tersebut akan dihitung berdasarkan persentase dari take home pay (THP). Di mana skema pembayarannya menggunakan sistem patungan antara PNS dan pemerintah sebagai pemberi kerja.

Sekadar diketahui, selama ini, dana pensiunan diterapkan dengan istilah pay as you go. Ini adalah skema atau mekanisme dana pensiun dari hasil iuran PNS sebesar 4,75% dari gaji yang dihimpun PT Taspen ditambah dengan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: Info Pencairan BSU 2022: Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Ini Soal BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X