Sri Mulyani Sebut Dana Pensiunan jadi Beban Negara, Sebenarnya Berapa Gaji Pensiunan PNS hingga Janda Duda?

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:40 WIB
Gaji Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) disebut-sebut menjadi beban Negara, mengapa demikian? (Instagram/Sri mulyani Indrawati)
Gaji Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) disebut-sebut menjadi beban Negara, mengapa demikian? (Instagram/Sri mulyani Indrawati)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Gaji Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) disebut-sebut menjadi beban Negara, mengapa demikian?

Dalam rapat bersama Komisi XI DPR, Menteri Keuangan Sri Mulyani bilang bahwa jumlah anggaran dana pensiun PNS membebani negara.

Ia juga mengatakan bahwa untuk membayar dana gaji pensiunan PNS tersebut, Negara harus mengeluarkan dana hingga sebesar 2.800 triliun.

Baca Juga: Wow! Tunjangan Kepala BRIN Hampir Rp50 Juta, PNS Kelas Jabatan Lain Berapa?

Menurut Menkeu, sangat penting bagi negara untuk melakukan reformasi di bidang pensiun. Menurut mantan pejabat bank dunia tersebut, selama ini skema yang digunakan untuk membayar pensiunan PNS adalah dari hasil iuran Pegawai Negeri Sipil sebesar 4,75% yang dihimpun oleh PT Taspen serta dari dana APBN.

“Untuk ASN TNI Polri memang mengumpulkan dan di Taspen dan di Asabri. Namun untuk pensiunnya mereka tidak pernah membayar, tapi yang bayar APBN,” papar Sri Mulyani sebagaimana dilansir Ayobandung.com dari Suara.com pada 26 Agustus 2022.

Apabila hal tersebut dibiarkan, menurut Menkeu akan bisa menimbulkan risiko jangka panjang yang semakin meningkat terlebih lagi dana pensiun pns akan terus diberikan oleh negara saat PNS meninggal dunia dan dilanjutkan oleh pasangan, keluarga atau anak hingga usia tertentu.

Terlebih lagi jumlah pensiunan semakin meningkat setiap tahun, sehingga keuangan negara dapat dipastikan akan semakin berat.

Baca Juga: Pendataan Honorer Bukan Untuk Diangkat PNS, Ini Solusi Bagi Non ASN yang Tak Lolos Seleksi

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bansos UMKM Cair, Cek di Desember 2022

Selasa, 29 November 2022 | 13:09 WIB

Viral Bayi dalam Karung Masih Hidup, Tubuh Gemetar

Selasa, 29 November 2022 | 12:06 WIB
X