Mantan Mendag Enggartiasto Lukita Kembali Jadi Ketua IKA UPI

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Mantan Mendag Enggartiasto Lukita kembali jadi ketua IKA UPI. (Ist)
Mantan Mendag Enggartiasto Lukita kembali jadi ketua IKA UPI. (Ist)

AYOBANDUNG.COM -- Mantan Menteri Perdagangan Dr. (HC) Enggartiasto Lukita kembali menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (Ika UPI) masa bakti 2022-2027 secara aklamasi.

Penetapan tersebut dilakukan pada Kongres Ika UPI Ke-6 di El Hotel Royale Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu, 24 Agustus 2022.

Menurut keterangan Ketua Panitia Kongres Ika UPI, Najip Hendra, kongres merekomendasikan sejumlah hal penting.

”Pemerintah dan DPR perlu segera merevisi UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan peraturan turunannya karena terdapat sejumlah inkonsistensi dengan amanat konstitusi. Namun, revisi itu harus dilakukan secara berhati-hati dan melibatkan partisipasi publik secara memadai,” ujar Najip.

Menurut dia, (R)UU Sisdiknas harus mengatur substansi pendidikan secara utuh dan komprehensif, mulai dari landasan filosofi sampai pengaturan praksis. (R)UU harus memastikan penyelenggaraan Sisdiknas sebagai perwujudan amanat UUD 1945.


Draf revisi UU Sisdiknas yang dibuat oleh pemerintah, dan beredar secara informal saat ini, harus betul-betul dikritisi dan dikaji ulang karena dinilai mengandung banyak kelemahan.

(R)UU Sisdiknas semestinya dirumuskan berdasarkan kajian dan naskah akademik yang utuh dan kokoh.

”Perlu segera disusun desain induk atau peta jalan pendidikan nasional yang komprehensif, berdimensi jangka panjang, dan bervisi global, dalam kerangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Najip.

Pendidikan nasional bertanggung jawab menghadirkan guru yang mampu membawa misi negara ke dalam proses pendidikan, dan secara sadar mengarahkan peserta didik untuk membangun cara berpikir, sikap, serta keterampilan sejalan dengan misi tersebut.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X