Seleksi CPNS dan PPPK 2022 Terbuka bagi 5 Kategori Tenaga Honorer Ini

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:30 WIB
Pada tahun ini, pemerintah membuka seleksi CPNS dan PPPK 2022 bagi lima kategori tenaga honorer yang sesuai dengan ketentuan. (Instagram/ bkn.go.id)
Pada tahun ini, pemerintah membuka seleksi CPNS dan PPPK 2022 bagi lima kategori tenaga honorer yang sesuai dengan ketentuan. (Instagram/ bkn.go.id)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pada tahun ini, pemerintah membuka seleksi CPNS dan PPPK 2022 bagi lima kategori tenaga honorer yang sesuai dengan ketentuan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah akan menghapus tenaga honorer di tahun 2023 yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018, tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Mahfud MD, memastikan 40 ribu honorer tersisa akan diangkat juga menjadi PNS. Di sisi lain, pemerintah meminta semua instansi untuk tidak lagi merekrut tenaga honorer baru.

"Dari sisa 40 ribu honorer, per hari ini jumlahnya sudah 1.300.000 honorer. Dari 40 ribu, berkembang sendiri. Disuruh berhenti (rekrut), malah nambah," kata Mahfud

Sebelumnya, pemerintah menetapkan penghapusan tenaga honorer pada November 2023 dengan asumsi dasar hanya ada 40 ribu pekerja honorer tersisa. Sebanyak 40 honorer itu akan diberikan pelatihan agar layak menjadi PNS.

Dalam SE Menpan RB tersebut juga dijelaskan mengenai pendataan tenaga honorer guna memetakan tenaga non ASN di masing-masing wilayah.

Hal tersebut merupakan suatu bentuk tindak lanjut terhadap pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018, tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Selamat! Tenaga Honorer yang Miliki 8 Kriteria Ini Bisa Ikut Seleksi CPNS dan PPPK 2022

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X