Tuduhan Pelecehan Seksual Brigadir J Bagian Skenario, Pakar Sebut Putri Candrawahti Terancam Pasal Ini!

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Tuduhan Pelecehan Seksual Brigadir J Bagian Skenario, Pakar Sebut Putri Candrawahti Terancam Pasal Ini! (Ist)
Tuduhan Pelecehan Seksual Brigadir J Bagian Skenario, Pakar Sebut Putri Candrawahti Terancam Pasal Ini! (Ist)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bareskrim Polri telah menghentikan laporan kasus dugaan pelecehan seksual oleh Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Sebelumnya Brigadir J disebut melakukan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi. Polri juga telah mengeluarkan surat penghentian penyelidikan (SP3) atas laporan istri Ferdy Sambo tersebut.

Penyidik menghentikan laporan tersebut lantaran tidak menemukan bukti adanya tindak pidana dalam laporan tersebut.

Polri bahkan menyebutkan, bahwa laporan di Duren Tiga bagian dari rekayasa kasus pembunuhan Brigadir J dan upaya untuk menghalang-halangi pengungkapan pembuhuhan.

Baca Juga: Ferdy Sambo Jadi Tersangka Utama Pembunuhan Brigadir J, Kompolnas Desak Polri Segera Pecat!

Menanggapi hal tersebut, Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra menilai bahwa Putri Chandrawati berpeluang menjadi tersangka dan dapat dimintai pertangungjawaban pidana.

Azmi menjelaskan, bahwa Esensi sebuah laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pejabat yang berwenang.

Tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana dan disertai permintaan agar kepada si pembuatnya dilakukan pemeriksaan untuk kemudian dilakukan penuntutan ke pengadilan.

"Jadi posisi pelapor harus benar-benar yakin bahwa memang apa yang dilaporkannya tersebut adalah benar dan dapat diuji kebenarannya,” kata Azmi dikutip dari Republika Kamis 18 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Merek Interior Nasional Kantongi Sertifikat TKDN

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:05 WIB
X