Gaji PNS Naik? Dikabarkan Minimal Rp9 Juta untuk Golongan Terendah, CEK Faktanya!

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 06:30 WIB
Gaji PNS Naik? Dikabarkan Minimal Rp9 Juta untuk Golongan Terendah, CEK Faktanya! (Pinterest )
Gaji PNS Naik? Dikabarkan Minimal Rp9 Juta untuk Golongan Terendah, CEK Faktanya! (Pinterest )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - - Ada kabar terbaru untuk para PNS soal isu kenaikan gaji PNS yang jumlahnya minimal Rp9 juta, Cek selengkapnya di sini!

Pemerintah sempat berencana untuk merealisasikan gaji PNS naik dengan pendapatan minimal Rp9 juta untuk golongan terendah.

Kenaikan tersebut disebabkan karena adanya peningkatan tunjangan yang telah direncanakan sejak tahun lalu dan akan diterapkan pada 2021.

Baca Juga: Cara Daftar PPPK 2022 Bagi Tenaga Honorer di Link Pendaftaran SSCASN Klik di Sini!

Wacana kenaikan gaji PNS/ASN minimal Rp 9 juta ini pertama kali diungkapkan oleh eks Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Di mana pada tahun anggaran 2021, belanja pegawai ini diarahkan untuk mendukung pemantapan reformasi birokrasi dengan memperhatikan kesejahteraan pegawai.

Tetapi, kenaikan tersebut tak urung terjadi, lantaran pada saat itu pemerintah Indonesia harus mengalokasikan dana lebih untuk penanganan pandemi Covid-19.

Sekadar diketahui, selama masa kepemimpinan Jokowi, sudah dua kali gaji PNS naik. Pertama adalah saat tahun 2015, di mana saat itu porsi gaji PNS juga dinaikkan sekitar 5%.

Pemerintah pun diketahui sudah mengagendakan kenaikan gaji PNS sejak tahun 2022 lalu. Di mana hal tersebut telah tertuang dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) RAPBN Tahun Anggaran 2022 soal belanja pegawai.

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X