Ini Mekanisme agar PPPK 2022 Bisa Dapat Dana Pensiun

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:21 WIB
Mekanisme PPPK 2022 bisa dapat dana pensiun, serta penjelasan oleh pihak Taspen cara menjadi peserta Taspen untuk dapat dana pensiun (Pinterest)
Mekanisme PPPK 2022 bisa dapat dana pensiun, serta penjelasan oleh pihak Taspen cara menjadi peserta Taspen untuk dapat dana pensiun (Pinterest)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK dikabarkan bisa mendapatkan dana pensiun, bagaimana mekanismenya?

Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen PPPK

Di mana pada pasal 75 disebutkan pemerintah wajib memberikan perlindungan berupa jaminan hari tua, kesehatan, kecelakaan kerja, serta jaminan kematian yang dilaksanakan sesuai dengan sistem jaminan sosial nasional.

Baca Juga: Pukul 10.17 WIB Hari ini Kendaraan Lewat Simpang Lima Wajib Berhenti Sejenak, Kenapa?

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta, Fatmah Rosyati mengungkapkan untuk jaminan kesehatan, kecelakaan kerja dan kematian bagi PPPK sudah diberikan oleh pemberi kerja. 

Sementara untuk jaminan pensiun, bisa didapatkan dengan cara mendaftarkan diri ke PT. Taspen yang sifatnya opsional.

Pimpinan PT. Taspen Cabang Yogyakarta Oktrizal AZ mengatakan, sosialisasi Ketaspenan Bagi PPPK digelar agar PPPK memahami kewajiban dan hak yang akan diterima bila menjadi peserta pada program Taspen Smart Save Plus Anuitas.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon HUT RI ke 77 Desain Kekinian: Cocok Dibagikan ke IG, WA dan FB

Ia menyebut, Program Taspen Smart Save Anuitas Plus ini ditujukan agar para PPPK bisa mendapatkan dan menikmati hak seperti halnya PNS di masa aktif maupun purna tugas nanti. 

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X