Sebar Video Pencuri Coklat Alfamart Termasuk Pencemaran Nama Baik? Pakar Hukum Pidana Jelaskan Ini!

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:47 WIB
Sebar Video Pencuri Coklat Alfamart Termasuk Pencemaran Nama Baik? Pakar Hukum Pidana Jelaskan Ini (Freepik/macrovector)
Sebar Video Pencuri Coklat Alfamart Termasuk Pencemaran Nama Baik? Pakar Hukum Pidana Jelaskan Ini (Freepik/macrovector)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Viral video seorang wanita yang telah mencuri cokelat mengancam pegawai Alfamart dengan tuduhan melakukan pelanggaran UU ITE dan pencemaran nama baik.

Tuntutan disampaikan karena karyawan Alfamart telah menyebar video percobaan pencurian yang telah dilakukannya pada 13 Agustus 2022.

Apakah menyebar video percobaan pencurian termasuk dalam tindakan pencemaran nama baik UU ITE? Bagaimana pakar hukum pidana menanggapinya?

Pengertian UU ITE

UU ITE adalah Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur perbuatan hukum terkait sekumpulan data elektronik yang dilakukan baik menggunakan komputer, jaringan komputer, maupun media elektronik lainnya.

Tujuan UU ITE adalah mengatur segala perbuatan hukum yang dilakukan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik.

Baca Juga: Terbata-bata Anak Pencuri Coklat Alfamart Akui Hal Ini di Hadapan Polisi

Pelanggaran UU ITE

Mengacu pada UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 27-36, perbuatan yang dilarang dilakukan setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan, meliputi:

Halaman:

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIM FEB Unpad Helat Konferensi Internasional Garcombs

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:36 WIB
X