PPPK Dapat Dana Seperti Jaminan Pensiun PNS? Taspen Beri Caranya

- Senin, 15 Agustus 2022 | 06:07 WIB
Bagaimana cara PPPK mendapat dana seperti jaminan pensiun PNS? Taspen beri solusinya. Ilustrasi  (Unsplash.com/Mufid Majnun)
Bagaimana cara PPPK mendapat dana seperti jaminan pensiun PNS? Taspen beri solusinya. Ilustrasi (Unsplash.com/Mufid Majnun)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Taspen memberikan solusi bagi PPPK yang tidak mendapat jaminan pensiun PNS.

ASN terdiri dari PNS dan PPPK yang memiliki beberapa perbedaan, salah satunya perihal jaminan pensiun. Aturan jaminan pensiun PNS telah jelas diatur dalam undang-undang. Sedangkan, bagi PPPK belum ada.

Perbedaan mengenai hak mendapat jaminan pensiun tidak sesuai dengan tujuan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yaitu memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya.

Baca Juga: PPPK 2022 Bisa Dapat Uang Pensiun Seperti PNS? Begini Penjelasan BKN

Jaminan pensiun PNS adalah penghasilan hari tua yang diberikan sebagai hak dan penghargaan atas pengabdian PNS. Sedangkan, jaminan pensiun PPPK belum ada undang-undang yang mengaturnya. Padahal PPPK juga mengabdi pada negara seperti PNS.

Karena belum adanya aturan jaminan pensiun bagi PPPK inilah Taspen memberikan solusi pengganti jaminan pensiun PNS sebagai upaya memberikan penghasilan hari tua seperti PNS.

Bagaimana cara PPPK mendapat dana seperti jaminan pensiun PNS? Sebelum mengetahui cara yang diberikan oleh Taspen simak uraian perbedaan hak yang didapat antara PNS dan PPPK berikut ini.

Baca Juga: SELAMAT! PNS Bisa Dapat Tunjangan Pensiun Rp1 Miliar, Cek Mekanisme di Sini

PPPK tak dapat dana seperti jaminan pensiun PNS

Mengacu pada UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 21, PNS berhak memperoleh lima hal, meliputi (a) gaji, tunjangan, dan fasilitas; (b) cuti; (c) jaminan pensiun dan jaminan hari tua; (d) perlindungan; serta (e) pengembangan kompetensi.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Butuh Waktu Lama untuk Menyelesaikan Banjir Bekasi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:35 WIB
X