Ziarah Kubur: Amalan, Bacaan Doa, dan Keutamaannya di Hari Jumat

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 05:56 WIB
 [Ilustrasi] Simak bacaan doa ziarah kubur jelang Ramadhan pada artikel berikut ini. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[Ilustrasi] Simak bacaan doa ziarah kubur jelang Ramadhan pada artikel berikut ini. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

 

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM -- Hari Jumat merupakan hari yang paling mulia dibanding hari lain. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya hikmah dan keutamaan di hari Jumat. Karenanya, pada hari Jumat dianjurkan untuk kita memperbanyak amal soleh salah satunya dengan melakukan amalan ziarah kubur.

Ziarah kubur dianjurkan dilakukan pada hari Jumat khususnya kepada orang tua atau keluarga kita yang sudah tiada. Hal itu dipertegas oleh Taqrirat al-Sadidat dikatakan bahwa,”Di antara sunnah Jumat adalah ziarah kubur, khususnya kepada kedua orang tua.”

Melakukan ziarah kubur di hari Jumat kepada keluarga yang sudah tiada memiliki amalan yang sangat mulia jika tujuannya jelas. Melalui ziarah kubur, kita dapat mengirimkan doa serta mengalirkan pahala untuk mereka di alam kubur, terlebih doa anak soleh yang amalan jariyahnya tidak akan pernah putus.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur dan Doa Jenazah Bahasa Latin dan Artinya

Selain penyalur doa dan pahala kepada keluarga kita yang sudah tiada, Ziarah kubur di hari Jumat juga dapat menjadi pengingat untuk kita pada kematian.

Tiada manusia yang Kekal abadi di dunia ini, manusia akan menemui ajal. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “ aku dulu pernah melarang berziarah kubur, maka sekarang berziarahlah. Karena sesungguhnya ia dapat mengingatkan kalian akan kematian.”

Pada saat melakukan ziarah ke makam keluarga atau orang tua yang sudah tiada, dianjurkan untuk kita memperbanyak zikir dan doa. Diantaranya zikir dan doa yang dibaca adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Link Nonton dan Download Film Ziarah GRATIS! Pakai LK21 atau IndoXXI?

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIM FEB Unpad Helat Konferensi Internasional Garcombs

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:36 WIB
X