Anak Gizi Buruk Meninggal sebab Ibu Tak Punya BPJS Kesehatan, Padahal Buruh Pabrik Cianjur

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:38 WIB
Ilustrasi jenazah | Kematian Amira akibat gizi buruk menyisakan tanda tanya dari Dinas Kesehatan, sebab ibunya tidak punya BPJS kesehatan. (Pexels/Faruk Tokluoğlu)
Ilustrasi jenazah | Kematian Amira akibat gizi buruk menyisakan tanda tanya dari Dinas Kesehatan, sebab ibunya tidak punya BPJS kesehatan. (Pexels/Faruk Tokluoğlu)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Kematian Amira anak berusia 7 bulan akibat gizi buruk menyisakan tanda tanya dari Dinas Kesehatan, mengingat ibunya Ipah Masripah (23) merupakan buruh PT Pou Yen, tapi tidak memiliki BPJS kesehatan.

“Seharusnya sih punya BPJS ya kalau buruh pabrik, tapi saya tidak tahu persis regulasinya,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cjanjur, dr Irvan Nur Fauzi pada Ayobandung.com, Jumat, 12 Agustus 2022.

Irvan menyoroti hal tersebut karena mendapat informasi kalau orang tua Amira itu bekerja sebagai buruh pabrik PT Pou Yen yang berlokasi di Jalan Raya Bandung Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur.

“Saya dapat informasi tersebut dari Kepala Puskesmas Mande yang menangani Amira,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Endan mengatakan, seharausnya setiap buruh pabrik harus mendapatkan BPJS ketenagakerjaan dan juga kesehatan.

“Kalau memang terbukti tidak memiliki BPJS kesehatan salah satu karyawan pabrik itu, maka bisa dilaporkan ke pengawas di Provinsi Jabar,” jelasnya.

Baca Juga: Anak Gizi Buruk Meninggal di RSUD Sayang, Dinkes Prihatin Harusnya Ditangani Secepatnya

Sebelumnya, ada anak berusia 7 bulan dj Kabupaten Cianjur menderita gizi buruk meninggal dunia ruang ICU RSUD Sayang Cianjur, Rabu, 10 Agustus 2022.

Anak perempuan bernama Amira asal Kampung Singareret RT 03/03, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur itu dinyatakan gizi buruk karena berat badannya yang hanya 4 kilogram.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pegawai Honorer Cianjur Dapat Ribuan Kuota PPPK

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:58 WIB

Butuh Waktu Lama untuk Menyelesaikan Banjir Bekasi

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:35 WIB

4 Fakta Gugatan Cerai Anne Ratna Mustika ke Dedi Mulyadi

Jumat, 30 September 2022 | 14:04 WIB
X