4 Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah Lengkap dengan Haditsnya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:25 WIB
Hari Jumat jadi hari yang istimewa bagi umat Muslim karena mempunyai keutamaan dan amalan sunnah yang dianjurkan Rasullullah SAW. (Pixabay )
Hari Jumat jadi hari yang istimewa bagi umat Muslim karena mempunyai keutamaan dan amalan sunnah yang dianjurkan Rasullullah SAW. (Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Hari Jumat jadi hari yang istimewa bagi umat Muslim karena mempunyai keutamaan serta terdapat sejumlah aktivitas ibadah yang dianjurkan diamalkan di hari itu.

Hari Jumat mempunyai keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan hari yang lainnya, salah satunya yaitu umat Muslim terutama laki-laki akan berbondong-bondong menunaikan ibadah sholat Jumat di masjid.

Disebutkan dalam beberapa riwayat bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat, hal ini jadi anjuran bagi umat Muslim agar mengikuti suri tauladan Rasulullah.

Baca Juga: 4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

Menurut riwayat Muslim dan Tirmidzi disebutkan bahwa hari Jumat mempunyai keistimewaan tersendiri.

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat,” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Hari Jumat menjadi istimewa karena terdapat beberapa peristiwa hingga limpahan karunia Allah SWT di hari itu.

Baca Juga: 6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Setelah Berzikir, Ternyata Mudah!

Di samping mengerjakan ibadah wajib, umat Muslim juga dianjurkan agar menjalankan beberapa amalan yang disunnahkan di hari Jumat agar mendapatkan keberkahan.

Dikutip Ayobandung dari laman resmi Islam.nu.or.id, ada beberapa amalan sunnah dari Rasulullah SAW yang bisa dijalankan, diantaranya:

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X