4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:24 WIB
4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram (Freepik @ 8photo120k images)
4 Amalan Ibadah Terbaik di Bulan Muharram (Freepik @ 8photo120k images)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Dihadapkan pada tahun baru Hijriah, sebagian umat muslim di bulan Muharram memberikan penyambutan yang meriah dalam bentuk perayaan tradisi di masing-masing daerah. Tentunya harus dibarengi dengan amalan ibadah.

Seperti yang selalu dicontohkan oleh Nabi serta para sahabat, melaksanakan berbagai amalan ibadah dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah.

Para ulama pernah berkata bahwa setiap amalan ibadah dan perbuatan yang selalu dilaksanakan oleh Nabi dan para sahabat. Di antaranya, mengklasifikasikan perbuatan berdasarkan indikasi bid'ah.

Baca Juga: 6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Setelah Berzikir, Ternyata Mudah!

Amalan ibadah yang dilaksanakan terutama pada bulan Muharram yaitu, amalan yang ada tuntunannya. Sebab, segala sesuatu ini harus didasarkan oleh dalil, walaupun dalilnya lemah.

Doa awal dan akhir tahun merupakan amalan yang tidak ada tuntunannya. Karena, amalan tersebut tidak pernah dilaksanakan oleh Nabi ataupun para sahabat. Karena sebetulnya amalan doa ini merupakan karangan dari para ahli ibadah yang tidak mengerti hadist.

Melakukan perayaan tahun baru Hijriah, tidak dengan melakukan pesta kembang api akan tetapi lakukanlah dzikir Jama'i, dan shalat Tasbih.

Baca Juga: Uang Cepat Habis Termasuk Harta Haram? Ini Ciri Rezeki Tidak Berkah Menurut Ulama

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIM FEB Unpad Helat Konferensi Internasional Garcombs

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:36 WIB
X