Niat Puasa Ayyamul Bidh Lengkap dengan Hadis beserta Keutamaannya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:10 WIB
Ilustrasi puasa | Semoga dengan memahami penjelasan terkait niat puasa Ayyamul Bidh beserta keutamaannya Anda dapat mengamalkannya lebih khusyuk. (Pixabay)
Ilustrasi puasa | Semoga dengan memahami penjelasan terkait niat puasa Ayyamul Bidh beserta keutamaannya Anda dapat mengamalkannya lebih khusyuk. (Pixabay)

Semoga dengan memahami penjelasan terkait niat puasa Ayyamul Bidh beserta keutamaannya Anda dapat mengamalkannya lebih khusyuk.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena bisa jadi penyempurna untuk ibadah wajib.

Puasa Ayyamul Bidh juga mempunyai keutamaan yang sangat besar, yakni sama dengan berpuasa selama satu bulan penuh.

Dalam sebuah hadis berdasarkan dalil dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah SAW mewasiatkan agar umat Islam tidak meninggalkan puasa Ayyamul Bidh.

"Rasullullah SAW mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan salat Dhuha, (3) mengerjakan salat witir sebelum tidur".

Dikutip Ayobandung.com dari laman resmi Islam.nu.or.id, Ayyamul Bidh secara bahasa bermakna 'hari-hari cerah'.

Maksud dari hari-hari cerah ini adalah hari yang malam sebelumnya cerah tersinari oleh bulan. Biasanya jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan dalam hitungan kalender Hijriah.

Jika dilihat dari kalender bulan Agustus 2022, maka puasa sunnah Ayyamul Bidh bisa dilaksanakan pada tanggal 11, 12 dan 13.

Baca Juga: Bolehkah Niat Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram Tidak Berurutan?

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Sholawat Nabi dengan 18 Keutamaannya

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:00 WIB

Keutamaan Sholawat Nabi dan 20 Manfaatnya dalam Islam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:00 WIB

5 Keutamaan Membaca Alquran dan Menghafalnya di Rumah

Minggu, 2 Oktober 2022 | 04:00 WIB

3 Amalan Khusus supaya Rezeki Bertambah

Jumat, 23 September 2022 | 21:41 WIB
X