Honorer Bisa Diangkat Jadi PPPK Meski Baru Satu Tahun Masa Kerja Jika Memenuhi Syarat Ini

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:07 WIB
Ada sejumlah syarat dan aturan yang menjelaskan honorer bisa diangkat jadi PPPK meski baru satu tahun masa kerjanya. (Freepik/felicities)
Ada sejumlah syarat dan aturan yang menjelaskan honorer bisa diangkat jadi PPPK meski baru satu tahun masa kerjanya. (Freepik/felicities)

 

Ada sejumlah syarat dan aturan yang menjelaskan honorer bisa diangkat jadi PPPK meski baru satu tahun masa kerjanya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah akan hapuskan tenaga honorer mulai tahun 2023.

Dalam SE terbarunya KemenpanRB menyatakan bahwa pegawai non ASN dilingkungan instansi pemerintah yang memenuhi syarat dapat diikutsertakan atau diberikan kesempatan mengikuti seleksi Calon PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Penghapusan tersebut dinilai sejalan dengan PP Nomor 48 tahun 2005 mengenai pengangkatan pegawai non ASN menjadi Calon PNS yang melarang adanya perekrutan pegawai non-ASN di instansi pemerintah.

Ketentuan lebih lanjut mengenai penghapusan pegawai non ASN juga tertuang dalam Pasal 96 PP No 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Lantas apakah pegawai non ASN bisa diangkat jadi PPPK meski masa kerjanya baru satu tahun?

Bila merujuk pada SE B/1511/M.SM.01.00/2022, disebutkan bahwa non ASN yang telah bekerja paling singkat satu tahun pada tanggal 31 Desember 2021 dapat diikutsertakan atau diberikan kesempatan mengikuti seleksi Calon PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Baca Juga: Sekjen Kemhan Apresiasi Produk Inovasi Pindad di Pekan Litbang Pertahanan 2022

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X