Amalkan 5 Doa Ini Agar Rezeki Datang Kepadamu dari Berbagai Penjuru

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:21 WIB
Amalkan doa ini untuk menarik rezeki dari berbagai penjuru (Freepik)
Amalkan doa ini untuk menarik rezeki dari berbagai penjuru (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rezeki merupakan salah satu hal yang telah ditentukan oleh Allah. Baik kepada siapa, bagaimana caranya, maupun kapan rezeki itu akan diturunkan.

Namun, seorang hamba diperkenankan untuk meminta kepada Allah terkait rezeki yang akan diberikan kepadanya.

Selain berdoa, seorang hamba juga wajib berusaha dalam menjemput rezeki. Misalnya saja dengan berkerja dalam hal yang baik dan halal.

Berikut ini beberapa doa pembuka rezeki dari berbagai jalur yang bisa dipanjatkan;

Doa Pembuka Rezeki Pertama

"Yaa awwalal awwaliin wa yaa aakhirol aakhiriina wa yaa dzal quwwatil matiin wa roohimal masakiin wa yaa arhamar roohimiin"

Artinya:

"Wahai Yang Maha Awal di antara mereka yang awal, wahai Yang Maha Akhir di antara mereka yang akhir, Wahai Yang Memiliki Kekuatan, wahai Yang Menyayangi orang-orang miskin, wahai Yang Maha Pengasih di antara mereka yang pengasih." (HR. Abu Dawud)

Doa Pembuka Rezeki Kedua

"Allaahumma innii a’udzubika minal faqri, wal qillati, wadz dzillati, wa a’uudzubika min an adzhlima aw udzhlaama”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kemiskinan, kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku mendzalimi atau didzalimi.” (HR. Ahmad 8053, Abu Daud 1546 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Doa Pembuka Rezeki Ketiga

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.”

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no.925 dan Ahmad 6: 305)

Doa Pembuka Rezeki Keempat

"Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak."

Artinya:

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Doa pembuka rezeki kelima

“Allahumma ya ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa 'aziizu yaa mu'izzu a'izzanii bi i'zaazi 'izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allaahu.”

Artinya:

“Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling baik, ya Allah

Itulah 5 doa yang bisa dipanjatkan Umat Islam dalam meminta rezeki dari berbagai penjuru yang dikehendaki Allah SWT.

Selain berdoa dan berusaha, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk bertasbih ketika meminta rezeki kepada Allah.

“Subhanallah wa bihamdih“<span;>; seratus kali tidak ada seorangpun di hari kiamat yang datang membawa suatu kebaikan yang lebih baik darinya, kecuali orang yang mengucapkan hal yang sama atau lebih dari itu." (HR Muslim).

Umat muslim boleh berusaha agar diberikan rezeki dari berbagai penjuru oleh Allah SWT.

Namun perlu kembali diingat, bahwa kapan dan seperti apa rezeki yang diberikan adalah kuasa Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana.***

Editor: Mutiara Rizka Maulina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIM FEB Unpad Helat Konferensi Internasional Garcombs

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:36 WIB
X