Apakah Kucing Masuk Surga? Simak Penjelasan dan Daftar Hewan yang Ada di Surga

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:28 WIB
Apakah kucing bisa masuk surga? Akan dibahas penjelasan menurut para tokoh agama dan daftar hewan yang ada di Surga (Pixabay)
Apakah kucing bisa masuk surga? Akan dibahas penjelasan menurut para tokoh agama dan daftar hewan yang ada di Surga (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Apakah kucing bisa masuk surga? Akan dibahas penjelasan menurut para tokoh agama dan daftar hewan yang ada di Surga.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang paling disukai oleh manusia, karena lucu dan juga menggemaskan.

Kucing juga disebut-sebut sebagai hewan yang disukai oleh Rasulullah dan dianggap hewan yang bersih dan suci.

Baca Juga: Apa yang Harus Dibaca Saat Malam Jumat, Surat Al Kahfi atau Yasin? Ini Penjelasannya

Tak heran, tingkah laku kucing yang menggemaskan itu menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik dari hewan berbulu dan berkaki empat tersebut.

Karena banyaknya pecinta kucing, terdapat banyak pertanyaan apakah saat kucing mati bisa masuk surga?

Sebagaimana dilansir dari Republika.co.id, sejumlah riwayat pendapat tersebut, tidak ditemukan bahwa kucing yang merupakan hewan mamalia karnivora ini masuk dalam daftar hewan-hewan penghuni surga. Lantas apa sajakah hewan yang ada di surga?

Ada tiga pendapat pertama, hewan-hewan tertentu yang pernah bersinggungan dengan para manusia pilihan Allah SWT. Dalam Al-Asybah An-Nadhair ‘Ala Madzhab Abi Hanifah An Nu’man, disebutkan bahwa Muqatil sebagaimana dikutip dalam kitab Syarh Syirát al-Islam, mengatakan terdapat sepuluh hewan yang akan masuk surga.

Kesepuluh hewan yaitu unta Nabi Muhammad SAW, unta Nabi Shalih, anak sapi Nabi Ibrahim, domba Nabi Ismail, sapi betina Nabi Musa, ikan paus Nabi Yunus, keledai Nabi Uzair, semut Nabi Sulaiman, hudhud Balqis, anjingnya para ashabul kahfi. Pernyataan in juga ditemukan dalam kitab Misykat Al-Anwar. Hanya saja, oleh sebagian ulama, pendapat ini dipandang lemah.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hebat! Simulator SMKN 6 Bandung Tembus Pasar Vetnam

Minggu, 20 November 2022 | 18:57 WIB
X