Puasa Ayyamul Bidh Boleh 2 atau 1 Hari Asalkan Penuhi Syarat Ini, Baca Niat, Hadist, serta Keutamaannya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:14 WIB
Bolehkah Puasa Ayyamul Bidh 2 Hari? Jadwalnya 11, 12, 13 Agustus, Ini Niat, Hadist, serta Keutamaannya (Freepik.com)
Bolehkah Puasa Ayyamul Bidh 2 Hari? Jadwalnya 11, 12, 13 Agustus, Ini Niat, Hadist, serta Keutamaannya (Freepik.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apakah boleh puasa Ayyamul Bidh 2 hari karena baru tahu hari ini, Kamis, 11 Agustus 2022 adalah jadwal hari pertamanya? Mari ketahui hadist, hukum, niat puasa tersebut di bulan Muharram ini.

Adapu puasa Ayyamul Bidh adalah salah satu ibadah yang dilakukan tiga hari berturut-turut di beberapa bulan Islam pada tanggal 13, 14, dan 15 hijriah.

Namun, bolehkah puasa Ayyamul Bidh dilakukan hanya 2 hari karena pada hari pertama lupa, atau bagi wanita, baru selesai haid.

Baca Juga: 5 Honorer ini Bisa Jadi PNS PPPK 2022 TANPA Tes CAT, Anda Termasuk?

Ustdaz Dzulqarnain Muhammad Sunusi menjelaskan bahwa hal itu tidak masalah jika sudah diniatkan. Namun karena ada halangan atau udzur, maka masih dapat dilakukan.

Adapun menurut hadist yang dikutip dari Suara, dijelaskan bahwa jika seseorang sudah berniat menjalankan puasa Ayyamul Bidh selama 3 hari penuh sesuai yang dianjuran Rasulullah SAW, namun dalam pelaksanaannya terhalang untuk melakukannya selama 3 hari, maka seseorang tersebut tetap dapat menjalankan pahala puasa yang telah dijalani.

Seperti dikatakan Syaikh Ibnu Baz, saat hanya dapat melaksanakan satu hari saja puasa tersebut, maka tetap dapat mendapatkan pahala puasa di dua hari lainnya.

Baca Juga: Siapa Polwan Rita Yuliana, Apa Hubungannya dengan Ferdy Sambo?

Allah SWT pun berfirman, “Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya….” (QS: Al-An’am:160).

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DIM FEB Unpad Helat Konferensi Internasional Garcombs

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:36 WIB
X