Kisah Tsa'labah Meminta Tolong Kepada Nabi Agar Memanjatkan Doa Pembuka Rezeki Untuknya, Namun yang Terjadi

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:16 WIB
Banyak kisah yang dapat kita petik pelajarannya didalam Al-Quran. Salah satunya adalah kisah Tsalabah yang meminta pertolongan kepada Nabi. (Freepik)
Banyak kisah yang dapat kita petik pelajarannya didalam Al-Quran. Salah satunya adalah kisah Tsalabah yang meminta pertolongan kepada Nabi. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - Banyak kisah yang dapat kita petik pelajarannya didalam Al-Quran. Salah satunya adalah Tsalabah">kisah Tsalabah yang meminta pertolongan kepada Nabi agar memanjatkan doa pembuka rezeki untuknya.

Kisah Tsalabah Ibn Hathib al-Anshari adalah contoh orang yang gagal menjaga sikap istiqamahnya dan membuat Allah SWT marah atas sifat kikirnya.

Dikisahkan suatu hari Tsa'labah datang menemui Rasulullah. Tanpa basa-basi dia meminta kepada Rasulullah untuk memohonkan rezeki kepada Allah. Namun, Rasulullah enggan untuk melakukan permintaanya tersebut.

Baca Juga: Uang Cepat Habis Termasuk Harta Haram? Ini Ciri Rezeki Tidak Berkah Menurut Ulama

Tidak bosan-bosan Tsa'labah mendesak Rasulullah untuk memenuhi keinginannya. "Doakanlah kepada Allah agar Dia memberiku harta kekayaan," ucap Tsa'labah kepada Rasulullah.

Untuk meluluhkan hati Rasulullah, Tsa'labah kemudian mengucapkan sumpahnya. "Demi Zat yang telah mengutusmu dengan hak. Jika engkau memohonkan kepada Allah, lalu Dia memberikan ku harta kekayaan, niscaya aku akan memberikan hak kepada setiap orang yang berhak menerimanya," ujar Tsa'labah.

Atas sumpahnya tersebut Rasullulah memegang janji Tsa'labah. Nabi akhirnya mengabulkan keinginan Tsa'labah, dan berdoa agar Allah memberikannya rezeki dan memberkahinya. "Ya Allah, anugerahkanlah harta kekayaan kepada Tsa'labah, ucap Nabi.

Baca Juga: Baca Doa Ini Jika Harapan Tidak Sesuai Kenyataan, Sedang Sakit, atau Hajat Belum Terkabul

Atas doa Rasulullah tersebut, Allah mengabulkan doanya, sehingga akhirnya Tsa'labah mendapatkan rezeki berupa seekor unta dan domba.

Tsa'labah sangat senang memilkinya. Setiap hari dia berusaha mengurus ternaknya itu, berharap ternaknya dapat menghasilkan susu yang sangat banyak untuk dijual.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X