Besaran Tunjangan PNS Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:36 WIB
Tunjangan PNS tahun 2022 diumumkan mengalami kenaikan dan telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden atau Perpres.  (Unsplash)
Tunjangan PNS tahun 2022 diumumkan mengalami kenaikan dan telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden atau Perpres. (Unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Tunjangan PNS tahun 2022 diumumkan mengalami kenaikan dan telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden atau Perpres. 

Dalam Perpres disebukan bahwa ada 42 tunjangan Pegawai Negeri Sipil yang mengalami kenaikan. Salah satu tunjangan yang naik ialah tunjangan jabatan fungsional bagi Pranata Hubungan Masyarakat. 

Tunjangan tersebut ditetapkan dalam Perpres Nomor 36 Tahun 2022. Dalam Perpres Nomor 36 Tahun 2022 disebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dan ditugaskan secara penuh dalam jabatan fungsional Pranata Hubungan Masyarakat diberikan tunjangan Pranata Hubungan Masyarakat setiap bulan.

Baca Juga: Kenaikan Gaji PNS 5 Persen Agustus 2022 TIDAK BENAR? Cek PP Presiden Terbaru

Lebih lanjut lagi, peraturan dalam Perpres Nomor 36 Tahun 2022 menyebutkan bahwa pemberian tunjangan Pranata Hubungan Masyarakat diperuntukan bagi Pegawai Negeri Sipil yang bekerja pada instansi pusat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta Pegawai Negeri Sipil yang bekerja pada instansi daerah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Namun, pemberian tunjangan Pranata Hubungan Masyarakat dapat dihentikan apabila Pegawai Negeri Sipil sebagaimana yang dimaksud diangkat dalam jabatan struktural, jabatan fungsional lain, atau karena hal lain yang mengakibatkan pemberian tunjangan dihentikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemberian kenaikan tunjangan tersebut sendiri dimaksudkan untuk meningkatkan mutu, prestasi, pengabdian, serta produktivitas kinerja Pegawai Negeri Sipil. 

Baca Juga: Gaji PNS Naik Sebesar 5 Persen, Inilah Besaran Gaji Lengkap dengan Tunjangan yang Didapat

Sehingga pemerintah pun merasa perlu untuk memberikan tunjangan jabatan fungsional yang sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab, serta risiko pekerjaan.

Dalam jabatan fungsional Pranata Hubungan Masyarakat, PNS yang menjabat terbagi menjadi beberapa tingkatan. 

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X