Kolaborasi Pentahelix Universitas Padjadjaran dan Bank Rakyat Indonesia Dalam Memajukan Ekonomi Desa

- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:01 WIB
Kolaborasi Pentahelix Universitas Padjadjaran dan Bank Rakyat Indonesia Dalam Memajukan Ekonomi Desa
Kolaborasi Pentahelix Universitas Padjadjaran dan Bank Rakyat Indonesia Dalam Memajukan Ekonomi Desa

AYOBANDUNG.COM--Pusat Studi Manajemen dan Bisnis (LMFEB) Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia menyelenggarakan Inagurasi Program Deepening Desa BRIlian di Jawa Barat.

Inagurasi ini adalah puncak kegiatan pelatihan kepada 68 Desa yang telah mengikuti kuliah online secara intensif dengan 4 materi utama (Bumdes sebagai motor ekonomi desa, digitalisasi (implementasi produk dan aktivitas digital di desa), sustainability (tangguh dan secara continue membangun desa), innovation (kreatif dlm menciptakan inovasi) dengan objek pemberdayaan meliputi perangkat desa, kepala desa, pengurus bumdes, badan permusyawaratan desa, pelaku usaha desa dan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades).

Dalam kegiatan ini juga dipilih 3 Desa terbaik untuk mengikuti pendampingan intensif secara hybrid dari tim LMFEB Universitas Padjadjaran.

Kegiatan inagurasi ini dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Kurniawan Saefullah, Ph.D.

Dalam sambutannya, wakil dekan menyatakan pentingnya kolaborasi berbagai pemangku kepentingan untuk mendukung perekonomian desa sehingga mampu berdaya dalam mensejahterakan masyarakatnya. Peningkatan ekonomi desa mampu mengurangi kesenjangan antara perkotaan dan pedesaan.

Ketua Pusat Studi Manajemen dan Bisnis (LMFEB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Yudi Ahmad Faisal, Ph.D menyatakan bahwa LMFEB Unpad sebagai salah satu Lembaga unggulan telah mendukung berbagai program pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan manajerial para pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM dan BUMDES.

LMFEB Unpad telah berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk meningkatkan capacity building para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) termasuk BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

Kegiatan kolaborasi ini juga sejalan dengan semangat Kampus Merdeka sebagai icon baru Pendidikan tinggi di tanah air.

Sementara itu, Vice President of Social Entrepreneurship & Incubation Bank Rakyat Indonesia, M. Taufik Hidayat menjelaskan bahwa Program Deepening Desa Brilian adalah wujud nyata keberpihakan BRI terhadap perekonomian desa.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X